-->



Dihadiri Walikota, Perayaan Thaipusam di Kota Binjai Berlangsung Meriah

Selasa, 07 Februari 2023 / 07:52
Perayaan Thaipusam : Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP hadiri upacara Maha Puja Thaipusam ke 143 tahun di Kuil Shri Mariamman Binjai, pada Senin (06/02/2023). (Foto:e-news.id/Gabe).



e-news.id 

Binjai - Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP hadiri upacara Maha Puja Thaipusam ke 143 tahun di Kuil Shri Mariamman Binjai, Selasa (07/02/2023). 

Upacara yang digelar pada Jumat 6 Februari 2023 malam itu, kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan kereta kencana menggunakan dua ekor sapi keliling Kota Binjai. 

Perayaan Thaipusam ini sendiri merupakan ritual Umat Hindu dalam rangka menghormati Dewa Murugan atau Dewa Subramaniam. Tradisi ini juga terkait dengan iman, ketekunan, dan penebusan dosa. 


Dalam sambutannya, Walikota Binjai menyampaikan dukungannya terhadap acara tersebut. "Saya atas nama Pemerintah Kota Binjai mendukung penuh atas terlaksananya berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Maha Puja Thaipusam ini," ucapnya. 

Ia menambahkan, pemerintah Kota Binjai sangat terbuka untuk berkolaborasi, sebab hal ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah Kota Binjai untuk membangkitkan etnis yang berbudaya di Kota Binjai. 


"Melalui perayaan Thaipusam ini pula, saya juga mengajak seluruh umat Hindu yang ada di kota Binjai untuk mendukung program pemerintah dengan mewujudkan Binjai yang lebih maju, berbudaya dan religius," ujar Walikota. 

Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Maha Puja Thaipusam Ke-143 tahun dr. Nehru M.Kes. menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemko Binjai yang telah mendukung keberlangsungan acara tersebut. "Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan iman bagi semua umat Hindu," ucap Nehru. Ia pun berharap perayaan ini juga dapat memperkokoh persatuan di dalam masyarakat. 


Tampak hadir dalam perayaan tersebut Wakil Walikota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP. MP., Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra, ST., Sekda Kota Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang.

Dandim 0203/Lkt Letkol Inf. M. Eko Prasetyo, para ketua etnis Kota Binjai, Pembimbing Masyarakat Hindu Kantor Kemenag Sumut, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumut, Ketua PHDI Binjai, serta para umat Hindu Kota Binjai. (Gabe/ADB).
Komentar Anda

Terkini