-->



Ratusan KK Terdampak Bencana Puting Beliung di Binjai, Walikota Turun Tangan

Selasa, 24 Mei 2022 / 23:35
Bencana puting beliung : Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, turun tangan beri bantuan kepada warga terdampak bencana puting beliung.




e-news.id

Binjai - Sedikitnya, 565 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak atau menjadi korban dalam bencana angin puting dan hujan es di Kota Binjai, beberapa waktu lalu, akhirnya menerima bantuan jaminan hidup dan tali asih dari Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, Selasa (24/5) pagi.

Sebagai pucuk pimpinan di sana, Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat dalam menyalurkan bantuan kepada para korban yang terdampak di beberapa lokasi berbeda.

Baca juga : PD DMI Binjai Dilantik, Walikota Harapkan Fungsi Masjid Diperluas

Bantuan berupa beras, mie instan, telur ayam, minyak goreng, dan gula pasir, serta uang tunai Rp 300 ribu per keluarga diserahkan kepada para korban di lima titik penyaluran pada empat kecamatan.

Titik penyaluran bantuan meliputi Kantor Lurah Sumbermuliorejo, dan Gedung Meunasah Aceh, Kelurahan Tanahtinggi, Kecamatan Binjai Timur, Kantor Lurah Cengkehturi, Kecamatan Binjai Utara, Kantor Lurah Setia, Kecamatan Binjai Kota, serta Kantor Lurah Limausundai, Kecamatan Binjai Barat.

Baca juga : Kota Binjai Dilanda Bencana Hari ini! Hujan Es dan Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Baliho

Serahterima bantuan kepada para korban dilakukan Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, didampingi Inspektur Kota Binjai, Drs H Eka Edi Saputra, Kepala Dinas Sosial Kota Binjai, Amransyah SE, Kepala Pelaksana BPBD Kota Binjai, Iman Siswanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sofyan Syahputra Siregar, sejumlah pimpinan OPD, serta jajaran camat, lurah, dan para kepala lingkungan.

Bersambung>>

[cut]

Terjun ke lapangan : Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, terjun ke lapangan guna melihat kondisi rumah warga yang terdampak bencana puting beliung.



Bersamaan dengan itu, Ketua TP PKK Kota Binjai, Dra Hj Nurhayati Amir Hamzah, yang hadir bersama Ketua Darma Wanita Perwakilan Kota Binjai, Hj Ade Irma Irwansyah, dan pengurus TP PKK kecamatan, juga menyalurkan bantuan tali asih kepada para korban melalui masing-masing camat.

Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, mengatakan, bantuan jaminan hidup dan tali asih merupakan bentuk partisipasi dan bagian dari kewajiban Pemerintah Kota Binjai mengupayakan kebutuhan dasar bagi setiap keluarga yang terdampak bencana alam.

Baca juga : Sungguh Mencengangkan! Kajari Ungkap Kota Binjai Peringkat 1 Penyalahgunaan Narkoba

Dalam hal ini, katanya, pengadaan bantuan berasal dari alokasi anggaran tanggap darurat bencana dan anggaran tidak terduga Pemerintah Kota Binjai, yang nominalnya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Mohon maaf jika penyaluran bantuan ini sedikit agak terlambat. Sebab kami sendiri baru dapatkan data pasti jumlah keluarga yang menjadi korban bencana puting beliung saat rapat hingga jam 8 tadi malam," terang Amir Hamzah.

Baca juga : Berwisata ke Aceh, 3 Pelajar Binjai-Langkat Tewas Tenggelam! Salah Satunya Penghafal Quran

Secara khusus dia juga mengimbau para korban dan seluruh warga Kota Binjai agar menjadikan musibah ini sebagai sarana iktibar atau pembelajaran. Sebaliknya dia pun meminta masyarakat mendoakan Kota Binjai agar terhindar dari berbagai malabahaya, bencana alam, dan hal-hal negatif lainnya.

"Saya harap bapak dan ibu tabah dan sabar menerima cobaan ini. Harus tetap optimis menjalani hidup, meskipun dalam situasi sulit. Jika sudah kembali ke rumah, jangan lupa sampaikan salam saya untuk seluruh anggota keluarga," seru Amir Hamzah.

Bersambung>>

[cut]

Bencana puting beliung : Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, turun tangan beri bantuan kepada warga terdampak bencana puting beliung.


Seperti diketahui sebelumnya, sebanyak 565 rumah, beserta sejumlah bangunan sekolah dan puluhan asilitas umum dilaporkan rusak, menyusul hujan deras disertai angin puting beliung, petir, dan butiran es, yang melanda Kota Binjai pada Minggu (22/5) sore.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 236 rumah rusak terdapat di Kecamatan Binjai Utara, 170 rumah rusak di Kecamatan Binjai Barat, 88 rumah rusak di Kecamatan Binjai Timur, dan 71 rumah rusak di Kecamatan Binjai Kota.

Baca juga : Sering Didemo! Jalan Berlubang di Binjai Akhirnya Makan Korban Jiwa, Bocah SD Meregang Nyawa

Secara keseluruhan, jumlah rumah rusak akibat bencana alam angin puting beliung bertambah 53 unit dari laporan awal BPBD Kota Binjai pada Senin (23/5) pagi, yakni sebanyak 512 unit.

Selain merusak bangunan, cuaca ekstrem yang berlangsung selama kurang dari satu jam itu juga memutus jaringan listrik dan telekomunikasi, menyusul tumbangnya puluhan pohon besar pelindung jalan.

Baca juga : Beronjong Sei Bingei Kembali Jebol!!! Kota Binjai Darurat Pasokan Air Bersih

Intensitas hujan yang sangat tinggi bahkan menyebabkan beberapa kawasan pemukiman terendam air hingga setinggi betis orang dewasa akibat terjadinya banjir genangan.

Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat musibah ini. Akan tetapi nilai kerugian material ditaksir mencapai lebih dari Rp 1 miliar. (WA/RFS).

Komentar Anda

Terkini