-->



PD DMI Binjai Dilantik, Walikota Harapkan Fungsi Masjid Diperluas

Kamis, 07 Oktober 2021 / 00:18

Naskah pelantikan : Pembacaan naskah pelantikan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Binjai.


e-news.id


Binjai - Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah M.AP, mengharapkan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dapat memperluas peran, fungsi, dan nilai manfaat masjid bagi kemaslahatan umat Islam, serta meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah para jamaahnya.

Hal tersebut disampaikannya dalam pidato tertulis dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda), H Irwansyah Nasution SSos, saat menghadiri resepsi pelantikan jajaran pengurus PD DMI Kota Binjai periode 2021-2026 di Pendopo Umar Baki Kota Binjai, Rabu (6/10) pagi.


"Besar harapan saya, tugas DMI tidak hanya mempercantik masjid, tetapi juga membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah para jamaah masjid, serta memberikan pencerahan rohani dan ikut serta membangun kesejahteraan umat Islam," ujar Amir Hamzah.

Demi mendukung seluruh program dan rencana kerja organisasi, dia pun turut meminta PD DMI Kota Binjai agar senantiasa menjalin komunikasi, sinergitas, koordinasi, dan kerjasama dengan Pemerintah Kota Binjai, maupun seluruh pihak terkait.


Sehingga setiap program kerja yang dijalankan dapat selaras dengan arah pembangunan daerah, yang diharapkan dapat membantu mewujudkan visi pemerintah Koya Binjai dalam menciptakan Kota Binjai yang maju, relijius dan berbudaya.

"Mari bersama kita wujudkan Binjai menjadi kota yang agamais, rukun, nyaman, tentram, dinamis, toleran, dan santun dalam bermasyarakat," seru Amir Hamzah, sembari mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan pengurus PD DMI Kota Binjai periode 2021-2026.
Bersambung>>
[cut]
Foto bersama : Foto bersama seusai pelantikan PD DMI Kota Binjai.



Di kesempatan yang sama, Ketua PW DMI Sumatera Utara, H Irhamuddin Siregar MA, mengingatkan jajaran pengurus PD DMI Kota Binjai untuk menjalankan 9 program utama DMI yang telah dicanangkan oleh Ketua Umum PP DMI, DR HM Jusuf Kalla, demi meningkatkan peran, fungsi, dan nilai manfaat masjid di Indonesia 

Seluruh program itu antara lain, DMI harus mampu tampil sebagai inisiator dan terlibat langsung dalam perbaikan akuistik masjid, pembuatan aplikasi masjid, terwujudnya masjid bersih dan sehat, melakukan pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid, menata manajemen kemasjidan, membantu proses sertifikasi tanah wakaf masjid, memberikan masukan dalam menentukan arsitektur masjid, ikut andil dalam kegiatan pendidikan dan dakwah, serta mengembangkan wisata religi melalui masjid.


Mantan Ketua PD DMI Kota Binjai ini bahkan meminta PD DMI Kota Binjai ikut berperan mendukung peningkatan fungsi masjid. Bukan hanya sebagai lokasi peribadatan, tetapi juga menjadi sarana silaturahmi dan edukasi, lokasi pelaksanaan kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan, serta sarana pengembangan ekonomi syariah. 

Sebaliknya, DMI Kota Binjai harus pula mampu memberikan edukasi mengenai sistem manajemen kemasjidan yang baik kepada seluruh pengurus BKM. Sehingga masjid-masjid di Kota Binjai akan lebih mandiri dan paripurna, serta mempu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh jamaahnya.


"Sesuai slogan DMI Sumut, masjid menyenangkan dan mengenyangkan. Artinya, masjid itu harus produktif dan bermanfaat, rutin melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan, serta peka terhadap kebutuhan jemaah, serta menjadi wadah pemersatu kekuatan umat Islam," ujar Irhamuddin.

Secara khusus dia pun meminta PD DMI Kota Binjai periode 2021-2026 segera membentuk pengurus dewan masjid di tingkat cabang (kecamatan) dan ranting (kelurahan), demi menyatukan dan menyelaraskan visi dan program dewan masjid dari pusat hingga daerah.
Bersambung>>
[cut]
Foto bersama : Foto bersama seusai pelantikan PD DMI Kota Binjai.


Apalagi sejauh ini, kepengurusan wilayah DMI sudah dibentuk di 34 provinsi se-Indonesia. Sedangkan di Sumatera Utara sendiri kepengurusan daerah DMI sudah ada di 33 kabupaten/kota.

"Mari kita bangun kekuatan umat melalui soliditas dan kebersamaan keluarga besar DMI. Jadilah contoh dan teladan bagi umat. Jangan biarkan ada masjid yang terlantar. Ingat, masjid bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga digunakan seluas-luasnya untuk kemaslahatan umat," seru Irhamuddin.


Sementara itu, Ketua PD DMI Kota Binjai, Letkol (CKM) dr H Darma Malem SpTHT-KL, menyebut resepsi pelantikan PD DMI Kota Binjai periode 2021-2026 sebagai awal perjuangan mewujudkan seluruh program DMi dalam lima tahun ke depan, terutama untuk meningkatkan peran dan pemberdayaan masjid.

Hal ini menurutnya, sesuai dengan empat misi DMI, yakni mengkoordinasi, membina, memberdayakan, dan mengembangkan berbagai kegiatan kemasjidan di Indonesia.


"Semoga niat, perjuangan, dan program yang kita jalankan menjadi amal baik dan ganjaran pahala dari Allah Subhanahu Wa Taala. Besar pula harapan saya, seluruh pengurus tetap solid dan mampu bekerjasama dengan baik dalam menjalankan seluruh program DMI Kota Binjai," ungkap Darma Malem.

Diakuinya, berbagai program kerja dan kegiatan sosial kemasyarakatan sebenarnya sudah mulai dilaksanakan pihaknya pasca musyawarah daerah dan pembentukan jajaran pengurus DMI Kota Binjai periode 2021-2026.
Bersambung>>
[cut]
Foto bersama : Foto bersama seusai pelantikan PD DMI Kota Binjai.


Beberapa kegiatan dimaksud meliputi bakti sosial khitanan massal, layanan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, serta vaksInasi akbar pencegahan Covid-19, yang terlaksana atas dukungan PP DMI, PW DMI Sumatera Utara, SKK Migas, dan PT Pertamina EP.

Sedangkan untuk rencana program ke depan, PD DMI Kota Binjai bersiap melaksanakan pelatihan manajemen kemasjidan, membangun klinik kesehatan dan warung UMKM di setiap masjid, membentuk sanggar jenius, serta beberapa pelayanan kesehatan dan kegiatan sosial kemasyarakatan.


"Tentu saja kami tetap mengharapkan bimbingan, masukan, saran, kritik, serta bantuan dan dukungan finansial dari seluruh pihak, khususnya dari para dewan pembina, majelis musytasyar, dan majelis ekonomi syariah. Sehingga seluruh program dapat selaras dengan visi pemerintah dalam mewujudkan Kota Binjai yang maju, relijius dan berbudaya," ujar Darma Malem. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan PD DMI Kota Binjai periode 2021-2026, H Japar Sidik SAg MAP, melaporkan, resepsi pelantikan ini dilaksanakan dengan menindaklanjuti Surat Keputusan PW DMI Sumatera Utara Nomor: 20/SK/PW.DMI-SU/VII/2021 tentang Pengukuhan Susunan Pengurus dan Personalia PD DMI Kota Binjai periode 2021-2026.


Menurutnya, seluruh peserta pelantikan meliputi 62 pengurus harian PD DMI Kota Binjai, yang terdiri dari Ketua, Letkol (CKM) dr H Darma Malem Sembiring SpTHT-KL, Sekretaris, Zainal SE MM, Bendahara, Drs H Sabar Hati Nduru MM, para wakil ketua, wakil sekretaris dan wakil bendahara, serta jajaran ketua dan anggota dari 10 bidang kerja.

Prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus PD DMI Kota Binjai periode 2021-2026 sendiri ditandai pembacaan Surat Keputusan PW DMI Sumatera Utara Nomor: 20/SK/PW.DMI-SU/VII/2021, dilanjutkan pengambilan ikrar jabatan dan serah-terima bendera pataka DMI dari PW DMI Sumatera Utara kepada PD DMI Kota Binjai.


Turut hadir, Ketua MUI Kota Binjai, DR HM Jamil Sahaan MA, Ketua PD IPQOH Kota Binjai, HM Yusuf SH, Kepala BAZNAS Kota Binjai H Hansarullah MA, Ketua IPHI Kota Binjai, HM Prasojo, perwakilan Kakan Kemenag Koya Binjai, perwakilan Kapolres Binjai, perwakilan Dandim 0203/Langkat, para pimpinan ormas Islam, sejumlah pengurus PW DMI Sumatera Utara, serta unsur Dewan Pembina, Majelis Musytasyar, dan Majelis Syariah DMI Kota Binjai.

Di penghujung acara, juga dilaksanakan serah-terima kendaraan operasional DMI dari pengurus lama kepada pengurus baru PD DMI Kota Binjai. (Red)
Komentar Anda

Terkini