-->



Lebaran Pertama Kota Binjai Dihantam Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga Rusak Parah

Selasa, 03 Mei 2022 / 01:51




Pohon tumbang : Personil BPBD Kota Binjai dibantu TNI/Polri, Tagana dan PMI tengah membersihkan batang pohon yang tumbang dan menimpa kabel listrik, pasca angin puting beliung melanda Binjai di hari lebaran pertama.


e-news.id


Binjai - Pada libur hari lebaran pertama, angin kencang disertai hujan deras melanda Kota Binjai. Akibatnya, puluhan rumah warga mengalami rusak ringan hingga berat alias parah, Selasa (3/5/2022).

Puluhan rumah warga yang mengalami kerusakan paling parah, pasca dihantam angin puting beliung pada Senin 2 Mei 2022 sekira pukul 15:30 WIB, terletak di dua kelurahan di Kecamatan Binjai Utara, Binjai.


Berdasarkan data yang dirilis pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, lokasi paling terdampak ialah Kelurahan Nangka, sebanyak 16 unit rumah dan Kelurahan Jati Makmur, berkisar 7 unit rumah.

Kerusakan yang dialami kediaman warga, pasca diterjang angin dan hujan deras tersebut, rata-rata terlihat, pada bagian atap atau seng rumah. Sebagian mengalami rusak ringan, bahkan ada pula yang terangkat hingga keseluruhannya.


Masih dari data pihak BPBD Kota Binjai, kerusakan tidak hanya terjadi pada rumah warga. Namun, beberapa batang pohon juga ikut tumbang disapu kencangnya dorongan angin, sore hari itu.

Efek lain dari tumbangnya batang pohon di dua kelurahan tersebut, kabel listrik yang mengaliri rumah warga mengalami putus dan sempat menyetrum 2 warga di Kecamatan Binjai Utara.
Bersambung>>
[cut]
.
Rusak berat : Puluhan rumah warga mengalami rusak berat pasca angin puting beliung melanda Kota Binjai, pada hari lebaran pertama.



Menanggapi peristiwa bencana alam yang telah menimpa warga, pihak BPBD Kota Binjai, bergegas terjun ke lapangan, guna melakukan penanggulangan kebencanaan sembari pendataan rumah masyarakat yang terdampak.

Penanggulangan kebencanaan yang dilakukan BPBD Kota Binjai, mulai dari pembersihan puing-puing bangunan warga yang tersapu angin kencang, hingga evakuasi batang pohon yang tumbang dan menutup badan jalan.


Sampai dengan data yang dirilis pihak BPDB Kota Binjai, diterima oleh Redaksi e-news.id, diketahui, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Namun, kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Hal ini dibenarkan oleh pihak BPBD Kota Binjai, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Binjai Imam S.STP, melalui Kabid P&K Gelora Jaya Ananda SP, mengatakan, pihaknya langsung menerjunkan personil ke lapangan, guna membantu warga yang terdampak angin puting beliung.


"Benar, sekira pukul setengah empat sore tadi, terjadi peristiwa kebencanaan di daerah kita Kota Binjai. Dimana, atas kejadian tersebut, sedikitnya 23 rumah mengalami kerusakan. Sampai saat ini kita terus melakukan pendataan dan penanggulangan kebencanaan, dengan menerjunkan 25 personil dari BPBD Kota Binjai, dibantu teman-teman TNI/Polri serta Tagana dan PMI," ujar Kabid P&K BPBD Kota Binjai. (RFS).
Komentar Anda

Terkini