-->

Ratusan Civitas Akademika Hadiri Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Rabu, 21 September 2022 / 21:37

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI : Ratusan Civitas Akademika dari STAI Syeikh H Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Kota Binjai, menghadiri Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.


e-news.id 


Binjai - Lebih dari 150 peserta mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, yang digelar di Aula Lantai III Kampus STAI Syeikh H Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Kota Binjai, Sumatera Utara, Rabu (21/9/2022) pagi.

Para peserta merupakan para civitas akademika dari STAI Syeikh H Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Kota Binjai, meliputi para dosen dan mahasiswa dari enam program studi.


Kegiatan dibuka Ketua STAI Syeikh H Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Kota Binjai, Junaidi SPd SS MSi, serta dihadiri Anggota Komite IV DPD RI/MPR RI, H Faisal Amri SAg MAg, dan narasumber Dr Ahmad Zuhri Rangkuti Lc MHI.

Ketua STAI Syeikh H Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Kota Binjai, Junaidi SPd SS MSi, menyatakan, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI merupakan upaya penting dalam meningkatkan kesadaran dan pahaman masyarakat, khususnya para kaum intelektualis, untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara dengan baik dan bertanggung jawab.


Dalam hal ini, katanya, masyarakat Indonesia diharapkan mampu memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar negara, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. 

"Di tengah dinamika persoalan bangsa dan instabilitas kondisi politik global, kami tetap berharap kalangan intelektual muda, khususnya mahasiswa, dapat berkiprah sesuai bidangnya, dengan orientasi pokok mendukung kemajuan Indonesia, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta terwujudnya keadilan dan kemaslahatan bagi seluruh umat manusia," ungkap Junaidi.


Hal senada diungkapkan Anggota Komite IV DPD RI/MPR RI, H Faisal Amri SAg MAg. Menurutnya, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI menjadi sarana yang efektif dalam menyatukan visi dan persepsi masyarakat Indonesia terkait maksud dan tujuan bernegara.
Bersambung>>
[cut]
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI : Ratusan Civitas Akademika dari STAI Syeikh H Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Kota Binjai, menghadiri Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.


Apalagi sebagai sebuah negara yang memiliki keanekaragaman suku bangsa, bahasa, agama, dan adat istiadat, penguatan rasa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi modal penting dalam mendukung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dengan memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar negara, diharapkan hal ini mampu mencegah tumbuh dan berkembangnya ideologi dan pemahaman radikal, serta sikap antinasionalisme di kalangan kaum intelektualis," terang Faisal.


Sementara itu, Dr Ahmad Zuhri Lc MHI, mengatakan, empat pilar negara merupakan dapat dikatakan sebagai dasar sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia. Sebab sekat perbedaan justru disatukan oleh persamaan sejarah, identitas budaya, serta semangat dan tujuan berbangsa dan bernegara. 

Dalam hal ini, katanya, sistem demokrasi sama sekali tidak bertentangan dengan konsep bernegara dalam perspektif Islam. Sebab dalam ajaran Islam, sistem pemerintahan merujuk pada dua unsur, yakni keadilan dan kemanusiaan.


"Sesungguhnya orang-orang yang mengamalkan nilai-nilai luhur keempat pilar negara, tidak akan dirugikan. Sebab ini mengajarkan rasa kebersamaan dan persatuan di tengah perbedaan suku bangsa, bahasa, agama, dan adat-istiadat," seru Ahmad Zuhri. (War/RFS).
Komentar Anda

Terkini