-->



Kajari Binjai Terima Kunjungan Tim Advokasi PWI Sumut, Bahas Kekerasan Terhadap Wartawan

Selasa, 03 Agustus 2021 / 17:59
Koordinasi : Tim Advokasi Hukum PWI Sumut, tengah berkoordinasi dengan Kejari Binjai, terkait perkara kekerasan terhadap pers.


e-news.id

Binjai - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Binjai M. Husein Admaja SH,MH, menerima kunjungan silaturahmi Tim Advokasi Hukum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara, dalam pertemuan terbatas yang digelar di Ruang Kerja Kajari Binjai, Selasa (03/08/2021) siang.

Hadir dalam tatap muka itu, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Binjai, Zulham Pardamean Pane SH, Ketua dan dua anggota Tim Advokasi Hukum PWI Provinsi Sumatera Utara, Wilfrid B Sinaga SH, Zainal Abidin Nasution SH, dan Arif Budiman Simatupang SH, Sekretaris PWI Kota Binjai, Wardika Aryandi SS, dan Ketua Forum Wartawan Kejari (Forwaka) Binjai, Rahmad Fadli Sirait S.Sos.

Baca juga : Ngeri ... Lagi-lagi Wartawan jadi Korban Percobaan Pembunuhan Sekelompok Preman!

Pertemuan tersebut dilakukan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pemerintah terkait Covid-19, seperti menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Dalam penjelasannya, Ketua Tim Advokasi Hukum PWI Provinsi Sumatera Utara, Wilfrid B Sinaga SH, mengatakan tujuan kunjungan silaturahmi itu tidak lain untuk meningkatkan komunikasi dengan Kajari Binjai berserta jajarannya, sekaligus menyampaikan dukungan kepada pihak kejaksaan dalam menidaklanjuti penanganan perkara percobaan pembunuhan yang dialami seorang wartawan anggota PWI di Kota Binjai, pada Juni 2021 lalu.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Pak Kajari Binjai dan Pak Kasi Pidum, karena sudah menerima kunjungan sulaturahmi kami dengan baik. Kami tentu siap mendukung Kejari Binjai dalam menangani perkara ini," terang pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PWI Provinsi Sumatera Utara Bidang Pembelaan Wartawan ini.

Bersambung>>

[cut]

Koordinasi : Tim Advokasi Hukum PWI Sumut, tengah berkoordinasi dengan Kejari Binjai, terkait perkara kekerasan terhadap pers.

Menanggapi dukungan itu, Kajari Binjai, Husein Admaja SH MH, mengungkapkan rasa terimakasihnya. Dia juga mengaku, akan berkonsentrasi menangani perkara percobaan pembunuhan yang dialami wartawan anggota PWI di Kota Binjai, mengingat perkara tersebut saat ini telah menjadi sorotan utama publik.

"Pada dasarnya kami senantiasa terbuka terhadap rekan-rekan pers dan menjadikan pers sebagai mitra. Karena itu, kami akan berusaha optimal menangani perkara ini," terangnya.

Baca juga : Haru... Kasi Penkum Kejatisu Dipromosikan Menjadi Koordinator Kejati Kalbar, Asintel dan Wartawan Ucapkan Selamat

Meskipun demikian Husein mengaku, pihaknya tengah menindaklanjuti perkara percobaan pembunuhan yang dialami Syahzara Sopian, wartawan anggota PWI Kota Binjai. Hal itu dikarenakan perkara ini masih dalam penanganan pihak kepolisian, walaupun Kejari Binjai sendiri telah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dan berkas penyidikan perkara dimaksud. 

"Jika nantinya penanganan perkara ini sudah dilimpahkan kepada kita, maka kita akan segera menunjuk JPUP (Jaksa Penuntut Umum Penyidikan)," jelas mantan Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggai (Asintel Kejati) Jambi itu.

Baca juga : Ngeri ... Lagi-lagi Wartawan jadi Korban Percobaan Pembunuhan Sekelompok Preman!

Sebelumnya, Kota Binjai sempat digemparkan dengan 2 peristiwa beruntun kekerasan terhadap wartawan. Pertama, dugaan pembakaran rumah orang tua kandung Syahzara Sopian pada tanggal 13 Juni serta percobaan pembunuhan pada tanggal 25 Juni 2021, yang juga ditargetkan kepada Syahzara Sopian. (Red)

Komentar Anda

Terkini