-->

Cuaca Ekstrim Landa Binjai, Rumah Warga dan Pohon Besar Porak-poranda

Selasa, 24 September 2019 / 19:08
Salah satu rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung 


e-news.id

Binjai - Hujan deras disertai angin puting beliung dan pohon tumbang memorak-porandakan rumah warga, tepatnya di Jalan Dr Wahidin Kelurahan Sumber Mulyo Rejo, Kecamatan Binjai Timur serta di Jalan Ikan Arwana Lingkungan XV Kelurahan Tunggorono Kecamatan Binjai Timur, Binjai, Selasa (24/9) sekira pukul 14:00 WIB.

Atas peristiwa kebencanaan yang melanda Kota Binjai kali ini, satu unit bangunan rumah semi permanen dihuni oleh setidaknya 3 kepala keluarga (10 jiwa) milik bapak Widiantoro (56) warga Jalan Ikan Arwana, Kelurahan Tunggorono, Kecamatan Binjai Timur, mengalami rusak sedang, yaitu rangkaian seng menganga hingga dapat melihat langit bebas.

Tidak hanya merusak rumah warga, cuaca ekstrim ini juga menumbangkan sedikitnya 3 batang pohon besar jenis Mahoni, dengan arah tumpukan tumbangan, ke arah badan jalan hingga menutup sebagian dari lajur kendaraan bermotor.

Peristiwa kebencanaan tersebut di atas,  sesuai dengan laporan dari Pusat Pengedalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, yang diterima e-news.id melalui group WhatsApp dan telah terkonfirmasi kebenarannya.

Masih dalam laporan Pusdalops BPBD Kota Binjai, Regu Penanggulangan Bencana (PB), langsung merespon laporan dari warga atas dampak dari cuaca ekstrim yang melanda Kota Binjai, dengan menerjunkan belasan petugas untuk melakukan upaya evakuasi rumah yang rusak serta memotong batang pohon yang menutup lajur jalan.

Evakuasi pohon tumbang oleh Regu PB BPBD Kota Binjai 


Selain melakukan evakuasi atau perbaikan sementara atas rumah yang rusak serta memotong batang pohon tersebut, BPBD Kota Binjai juga melakukan pendataan korban dan jumlah kerugian, dan diketahui terdapat korban luka ringan atas nama Wita (16), dengan jumlah kerugian sementara ditaksir sekitar 2.500.000,- rupiah.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Binjai, Ahmad Yani S.STP, ketika dikonfirmasi awak media ini, membenarkan peristiwa tersebut dan menghimbau agar masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah.

"Benar, telah terjadi peristiwa kebencanaan yang melanda Kota Binjai, yaitu hujan deras disertai angin puting beliung dan pohon tumbang, atas kejadian ini, kita menghimbau masyarakat agar mengurangi kegiatan di luar rumah, saat cuaca ekstrim menerpa daerah kita," ungkap Yani.

Tidak sampai di situ saja, Yani juga menambahkan, agar masyarakat khususnya Kota Binjai segera melaporkan prihal kebencanaan kepada BPBD Kota Binjai melalui kontak yang telah disediakan.

"Kepada masyarakat juga kita harapkan agar segera melaporkan setiap peristiwa kebencanaan kepada kita di
Nomor Telpon/ HP: (061) 882 1935, atau melalui media sosial, Instagram :pusdalops_bpbdbinjai, Email : bdbdkotabinjai76@gmail.com, Facebook :BPBD Binjai, atau bisa datang langsung ke Kantor BPBD Kota Binjai di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 113 Kecamatan Binjai Timur, Binjai," tambah Yani. (RFS).
Komentar Anda

Terkini