-->



Walikota Binjai Himbau Masyarakat Jawa Hidupkan Kembali Kesenian Tradisional

Minggu, 20 Maret 2022 / 13:24

Suap nasi tumpeng : Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, menyuapi potongan nasi tumpeng kepada salah satu pengurus DPD DPD PKB (Pujakesuma) Kota Binjai masa bakti 2021-2025.


e-news id


Binjai - Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, menghimbau masyarakat Jawa di Kota Binjai, agar menghidupkan kembali berbagai kesenian tradisional Jawa, dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya leluhur, serta pengembangan potensi ekonomi di sektor pariwisata.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Paguyuban Keluarga Besar Putra Jawa Kelahiran Sumatera (DPD PKB Pujakesuma) Kota Binjai masa bakti 2021-2025 dan Pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Pujakesuma se-Kota Binjai masa bakti 2021-2024 di Pendopo Umar Baki, Kota Binjai, Sabtu (19/03/2022) siang.


"Hampir 52 persen penduduk Binjai itu orang Jawa. Karena itu saya minta Pujakesuma hidupkan kembali berbagai kesenian tradisional Jawa di Binjai. Kalau perlu buat pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Saya yakin, warga Binjai juga rindu itu. Dan ini punya potensi ekonomi yang besar, khususnya di sektor wisata," ujar Amir.

Secara khusus dia tetap meminta DPD Pujakesuma Kota Binjai bersinergi dengan Pemerintah Kota Binjai dan seluruh ormas etnis yang ada, demi terpeliharanya harmonisasi di Kota Binjai dan kerukunan antar etnis, serta terwujudnya Kota Binjai yang maju, relijius dan berbudaya.


Menariknya, Amir turut menantang Ketua DPD PKB Pujakesuma Kota Binjai yang dilantik masa bakti 202, Drs H Eka Edi Saputra, agar dapat membangun Pendopo Jawa, demi melengkapi keberadaan rumah atau balai adat di Kota Binjai. Terlebih Eka telah tiga periode diamanahkan sebagai Ketua PKB Pujakesuma Kota Binjai.

"Dengan komposisi pengurus saat ini, saya yakin ini dapat terealisasi. Kuncinya itu kekompakan, kejujuran, dan keterbukaan. Saya juga siap untuk berkontribusi. Namun kalau memang tahun ini belum juga ada pertapakan nya, tolong pengurus lengserkan Pak Eka," kelakar Amir Hamzah.
Bersambung>>
[cut]
Pengurus Pujakesuma Binjai : Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, berfoto bersama dengan pengurus DPD DPD PKB (Pujakesuma) Kota Binjai masa bakti 2021-2025.


Sementara itu, Ketua DPW PKB Pujakesuma Sumatera Utara, H Khoirum Rijal ST MAP, mengharapkan DPD PKB Pujakesuma Kota Binjai agat menjalankan seluruh program kerja dengan berpedoman pada visi dan misi organisasi, serta berorientasi untuk mendukung kemajuan dan pembangunan daerah. 

Dalam hal ini, dia mengingatkan DPD PKB Pujakesuma Kota Binjai agar mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya etnis Jawa, mengembangkan kesenian tradisional dan nilai-nilai budaya Jawa, serta menyatukan ormas etnis lainnya agar terwujud solidaritas dan kerukunan antar entis di Kota Binjai.


"Teruslah menyatukan pandangan sesuai visi dan misi organisasi. Ingat kita harus tetap guyun dan rukun, saling tolong-menolong, meningkatkan kepedulian terhadap sesama masyarakat Jawa maupun etnis lainnya, serta senantiasa mengembangkan seni dan nilai-nilai budaya Jawa," seru Khoirum.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Pujakesuma, Eko Supianto SE, melantik jajaran pengurus DPD PKB Pujakesuma Kota Binjai masa bakti 2021-2022, yang berpedoman pada Surat Keputusan DPD PKB Pujakesuma Sumatera Utara Nomor: 27/I/SK/DPW-SU/2021 tanggal 1 November 2021.


Pelantikan ditandai dengan prosesi serahterima bendera pataka dari Ketua DPP PKB Pujakesuma, Eko Supianto SE, kepada Ketua DPD Pujakesuma Kota Binjai, Drs H Eka Edi Saputra, didampingi Sekretaris, H Sumariono, Bendahara, H Mariono, dan segenap pengurus.

Pada kesempatan itu, turut pula dilaksanakan resepsi pelantikan jajaran pengurus DPC PKB Pujakesuma se-Kota Binjai masa bakti 2021-2024 oleh Ketua DPD PKB Pujakesuma Kota Binjai, Drs H Eka Edi Saputra.
Bersambung>>
[cut]
Suap nasi tumpeng : Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, menyuapi potongan nasi tumpeng kepada salah satu pengurus DPD DPD PKB (Pujakesuma) Kota Binjai masa bakti 2021-2025.


Dalam hal ini, Muhibuddin dilantik sebagai Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Binjai Selatan, Supono sebagai Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Binjai Timur, Hendri Gunarto sebagai Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Binjai Kota, Yus Harianto SPd MSi sebagai Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Binjai Utara, dan Bambang Lestrika Budimansyah ST sebagai Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Binjai Barat.

Dalam sambutannya, Ketua DPD PKB Pujakesuma Kota Binjai, Drs H Eka Edi Saputra, menyebut pelantikan ini sebagai momentum memperkuat hubungan silaturahmi dan kebersamaan antar masyarakat Jawa, serta penguatan peran dan eksistensi organisasi dalam mendukung pengembangan nilai-nilai budaya leluhur dan identitas kemajuan etnis di Kota Binjai.


"Ini adalah amanah bagi kami untuk senantiasa melestarikan budaya Jawa, menjaga kerukunan anrar warga Jawa maupun dengan masyarakat dari etnis lainnya, serta bagian dari upaya mewujudkan Kota Binjai yang maju, relijius, dan berbudaya," ujar Eka.  

Turut hadir, Wakil Walikota Binjai, H Rizky Yunanda Sitepu STP MP, (Plt) Walikota Tanjungbalai, H Haris Waris Salim SAg MM, Kapolres Binjai, AKBP Ferio Sano Ginting, Dandim 0203/Langkat, Letkol Inf Wisnu Joko Saputro, (Plt) Ketua DPW Pujakesuma Sumatera Utara, H Khoirum Rijal ST MAP, para pimpinan DPD PKB Pujakesuma di Sumatera Utara, unsur forkopimda, serta pimpinan ormas, dan tokoh lintas etnis se-Kota Binjai.


Di sela-sela acara, dilaksanakan pula pelayanan kesehatan gratis dan vaksinasi pencegahan Covid-19, bazar UMKM yang diikuti lima DPC PKB Pujakseuma se-Kota Binjai, pagelaran beberapa kesenian Jawa, serta ditutup resepsi pemotongan nasi tumpeng dan tradisi ambengan atau makan nasi ambeng bersama. (WA/RFS).
Komentar Anda

Terkini