-->


Plt Bupati Langkat ikuti vidcon Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Selasa, 15 Februari 2022 / 18:11

Ikuti vidcon terkait Covid-19 : Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, bersama unsur Forkopimda Langkat, mengikuti vidcon dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, terkait penanganan Pandemi Covid-19.


e-news.id


Langkat - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H syah Afandin SH, bersama Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, mengikuti kegiatan vidcon antisipasi lonjakan kasus covid-19, dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi via zoom metting, di Aula Wirasatya Polres Langkat, Stabat, Senin (14/2/2022).  

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memimpin rapat koordinasi penanggulangan Covid-19 bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut di Aula Tribrata, Markas Kepolisian Daerah Sumut, Medan. Pada pertemuan tersebut ada beberapa hal yang jadi fokus pembahasan dan akan dilakukan  bersama untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19.


Langkah-langkah tersebut di antaranya, Forkopimda dan pemerintah kabupaten/kota harus mengejar vaksinasi dosis kedua hingga 70% secara keseluruhan di Sumut. Untuk memutus mata rantai penyebaran, dimana kasus Covid terkonfirmasi Sumatera Utara sampai tanggal 13 Februari 2022 bertambah 825 Kasus, sembuh 237 dan 6 meninggal dunia, dengan Spesimen 14.589 bertambah dari hari sebelumnya. Hal ini agar masyarakat rentan terutama lansia dan yang memiliki komorbid dapat mengurangi dampak Covid-19 apabila terpapar. 

Selanjutnya, pemerintah daerah sampai pemerintah ditingkat terbawah harus mengaktifkan kembali pos PPKM di setiap desa. Fokus yang harus dilakukan pos tersebut yakni mengingatkan masyarakat mengenai protokol kesehatan (Prokes) di setiap kegiatan. Serta membantu tracing konfirmasi positif di wilayahnya masing-masing.


Menurut Edy Rahmayadi, vaksinasi dan Prokes merupakan dua hal yang wajib dilakukan demi terkendalinya penularan Covid-19. Prokes perlu terus ditingkatkan oleh masyarakat. "Kita masih lemah sekali, khususnya menggunakan masker, kalau ini terus kita diamkan, akan berpengaruh pada perekonomian, " kata Edy. 

Gubernur juga menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk mengaktifkan kembali pusat isolasi terpadu (ISOTER), "upayakan hingga sampai tingkat kecamatan dan desa, serta dipersiapkan tenaga tenaga kesehatan sebagai pengawasnya, sementara rumah sakit hanya diperuntukkan untuk pasien dengan gejala sedang dan berat, " Imbuhnya.
Bersambung>>
[cut]
Ikuti vidcon terkait Covid-19 : Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, bersama unsur Forkopimda Langkat, mengikuti vidcon dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, terkait penanganan Pandemi Covid-19.


Plt Bupati Syah Afandin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Langkat siap melaksanakan 10 Intruksi Gubenur Sumatera Utara sebagai langkah antisipasi lonjakan kasus Govid-19 varian Omricon, salah satu langkahnya adalah akan menghentikan pembelajaran tatap muka sementara, apabila hasil surveilans di satuan pendidikan menunjukan positivity rate sebesar di atas 5%. 

Sementara Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, menargetkan 70% pencapaian vaksin diosis II akhir maret sebelum memasuki Bulan Suci Ramadhan. " Jadi ramadhan nanti kita sudah bisa lebih khusuk beribadah, " Ucapnya berharap.


Danu juga berharap, Pemkab Langkat segera menerbitkan Surat Edaran ( SE) terkait kapasitas berkerumun dan pembatasan kegiatan sosial masyarakat. 

Mensterilkan penginapan gedung PKK, untuk difungsikan kembali sebagai isolasi terpadu (Isoter).


Serta meminta pemkab melalui disperindag untuk mensosialisasikan agar seluruh tempat usaha di Langkat memiliki dan menempatkan QR dan Barcode Scan dipintu masuk tempat usahanya. 

Turut hadir dalam rapat, Kadis Dukcatpil Faizal Rizal Matondang SSos MAP, Kadis Sosial Taufik Rieza SSTP, MAP, Kalak BPBD Drs H Irwan Syahri, Kepala BPKAD Drs M Iskandarsyah, Kadis Pendidikan DR H Saiful Abdi SH SE MPd, Mewakili Danyon 8 Marinir Wadanki Kompi Senapan Eagle Lettu Mar Chalvin Sahu Silawane, PJU Polres Langkat berhadir.(Diskominfolangkat/RFS)
Komentar Anda

Terkini