-->

Antisipasi Aliran Sesat, Kasi Intel Kejari Binjai Pimpin Rapat PAKEM

Rabu, 08 Desember 2021 / 15:05
Rapat soal aliran sesat : Kasi Intel Kejari Binjai M. Haris SH,MH, memimpin rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (PAKEM) Tahun 2021, guna mengantisipasi aliran sesat di Kota Binjai.



e-news.id

Binjai - Sebagai upaya pencegahan munculnya kepercayaan atau aliran sesat, Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai, menggelar rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (PAKEM) Tahun 2021, Rabu (8/12/2021).

Rapat yang dipimpin langsung Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Binjai M. Haris SH,MH, dihadiri Kepala Kantor Depag Kota Binjai, Ketua FKUB Kota Binjai, Ketua FKAG Kota Binjai, perwakilan Kasat Intel Polres Binjai.


Selain itu, turut pula hadir perwakilan MUI Kota Binjai, perwakilan Kesbangpol Kota Binjai, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Binjai dan perwakilan Pasi Intel Kodim 0203 langkat.

Dalam sambutannya, Kasi Intel Kejari Binjai, menuturkan, tujuan utama dari rapat tersebut, sebagai bentuk penggalangan dan sinergitas lintas sektor dalam upaya pencegahan dini terkait aliran yang menyimpang.


"Melalui rapat ini, kita harap ada masukan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama, sehingga bisa dijadikan bahan untuk mawas diri atau deteksi dini terhadap aliran kepercayaan di masyarakat," kata M. Haris SH,MH.
Bersambung>>
[cut]
Rapat PAKEM Binjai : Kasi Intel Kejari Binjai M. Haris SH,MH, berfoto bersama dengan peserta rapat PAKEM Tahun 2021 di Kejari Binjai.



Selain penggalangan informasi dan jalinan silaturahmi bagi sesama pemangku kebijakan di Kota Binjai, tambah M. Haris SH,MH, rapat yang digelar secara rutin tiap tahun itu, juga dapat dijadikan acuan langkah yang perlu diambil jika terjadi konflik di masyarakat terkait aliran sesat.

"Dari acara ini, kita juga dapat mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil guna mengantisipasi konflik di tengah-tengah masyarakat. Dimana jika dibiarkan, dapat memecah kesatuan dan persatuan bangsa," tambahnya.


Di waktu yang berbeda dari acara tersebut, ketika diwawancarai e-news.id terkait rapat yang digelar pada Senin 6 Desember 2021 kemarin, Kasi Intel Kejari Binjai, mengatakan, pihaknya siap menerima informasi dari masyarakat, terkait persoalan aliran sesat di Kota Binjai.

"Sebagai institusi penegakan hukum di Indonesia, kita tentu tidak menginginkan adanya perpecahan di negara kita. Segala upaya akan kita lakukan demi menjaga keutuhan kesatuan dan persatuan bangsa ini. Salah satunya, ialah pencegahan secara dini terkait aliran kepercayaan sesat yang berpotensi menjadi konflik dan menyebabkan perpecahan," ujar M. Haris. (RFS).
Komentar Anda

Terkini