-->



Usai Aksi Cuci Danau Siombak, Kadis LH Provinsi Sumut Bagikan Alat Daur Ulang Sampah

Selasa, 23 November 2021 / 01:20

Cuci sungai Danau Siombak : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara dr. Amri Fadli M.Kes, bersama para aktivis menggelar aksi cuci dan bersih sungai Danau Siombak.


e-news.id


Medan - Usai aksi bersih dan cuci sungai menggunakan cairan Eco Enzyme, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Provinsi Sumatera Utara dr. T. Amri Fadli M.Kes, lanjut membagikan alat daur ulang sampah di Objek Wisata Danau Siombak, Medan, Senin (22/11/2021).

Penyerahan alat daur ulang sampah berupa pembuat arang briket dan mesin pencacah plastik oleh Kadis LH Provinsi Sumut, kepada para pegiat dan aktivis lingkungan hidup se-Sumatera Utara, digelar pada Sabtu 21 November 2021 sekira pukul 10:00 WIB kemarin.


Dalam sambutannya, Kadis LH Provinsi Sumut, mengatakan, kondisi sampah di beberapa wilayah di Sumatera Utara, sudah sangat memperihatinkan. Namun, dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dengan para pegiat lingkungan hidup, ia yakin dapat memperbaiki atau mengurangi dampak dari kerusakan yang terjadi.

"Kita akui, untuk wilayah pesisir seperti ini memang sudah sangat memperihatinkan kondisinya, namun dengan kita duduk bersama dan bekerja secara bersama-sama, saya yakin kita bisa memperbaikinya," kata dr. T. Amri Fadli M.Kes.


Terkait isu lingkungan hidup, Kadis LH Provinsi Sumut, ia memaparkan kegiatannya sejak menjadi pejabat Eselon II di provinsi dengan slogan Sumut Bermartabat. Dari awal menjabat, dirinya sudah menjalin kerjasama yang baik dengan para pegiat ataupun aktivis yang fokus terhadap isu lingkungan hidup di Sumatera Utara.
Bersambung>>
[cut]
Penyerahan alat daur ulang sampah : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara dr. Amri Fadli M.Kes, menyerahkan alat daur ulang sampah, kepada aktivis dan pegiat lingkungan hidup.



"Saya ingat, sejak 7 bulan lalu saya dilantik menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara, saya sudah berkenalan dengan ibu Rena. Beliau ini sangat aktif terhadap isu lingkungan dan beliau juga sering bekerja sama dengan bapak wakil gubernur kita, bapak Musa Rajekshah, untuk pembuatan alat-alat daur ulang sampah," ujarnya.

Masih Kadis LH Provinsi Sumut, selain mengurangi dampak serius dari pencemaran lingkungan,  alat daur ulang sampah yang ia bagikan kepada pegiat lingkungan tersebut, juga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di masa pandemi seperti saat ini.


"Jadi, sewaktu kunjungan saya ke Jawa Timur, Kepala Dinas Lingkungan Hidupnya, mengatakan mereka kekurangan bahan arang briket dari sampah untuk industri. Jika kita dapat memenuhinya, tentu ini menjadi nilai ekonomi yang cukup besar, selain kita bisa mengurai sampah di lingkungan kita," kata dr. T. Amri Fadli M.Kes.

Usai memberikan sambutan, Kadis LH Provinsi Sumut, lanjut membagikan alat pembuat arang briket dan pencacah sampah plastik, kepada para pegiat lingkungan hidup yang terbagi di dalam 9 kelompok, dimana sebelumnya, telah diberikan pelatihan terkait penggunaan peralatan tersebut.


Dalam acara aksi cuci dan bersihkan sungai di objek wisata Danau Siombak, turut dihadiri oleh Camat Medan Marelan, Kapolsek Medan Labuhan, Danramil 10 Medan Labuhan, para aktivis dan pegiat lingkungan hidup. (RFS).

Klik video di bawah ini, untuk melihat Aksi Video Cuci dan Bersih Sungai Danau Siombak>>





Komentar Anda

Terkini