Resmi Dilantik, Panwascam Pilkada Binjai Didominasi Pendatang Baru

Senin, 23 Desember 2019 / 23:05
Anggota Panwascam terpilih saat diambil sumpahnya yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kota Binjai, Arie Nurwanto


e-news.id

Binjai - Bertempat di Aula Gedung Hotel Kardopa Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Binjai, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, secara resmi melantik 15 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) se-Kota Binjai, Senin (23/12) sekira pukul 20:30 WIB.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pengambilan sumpah atas kelima belas anggota Panwascam untuk tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020 itu, dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Binjai, Arie Nurwanto didampingi Koordinator Kesertariatan dan Rohaniawan/i serta disaksikan oleh seluruh tamu yang hadir.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah anggota Panwascam Kota Binjai, berdasarkan surat keputusan bernomor, SK Nomor: 205/K.Bawaslu-Prof.SU-26/HK.01.01/XII/2019. Berlaku mulai saat tanggal dilantik sampai dengan seluruh tahapan Pilkada Kota Binjai selesai dihelat atau tepatnya pada Desember 2020 mendatang.

Mereka yang dilantik sebagai anggota Panwascam malam tadi, adalah hasil penjaringan dari sedikitnya 69 orang pendaftar, yang proses penyeleksiannya dimulai sejak 23 November hingga 3 Desember 2019 lalu, adapun yang berhasil terpilih ialah, terdiri dari 5 orang wajah lama dan 10 orang pendatang baru, dengan komposisi, 2 orang wanita serta 13 orang laki-laki.

Foto bersama Bawaslu dengan Panwascam Kota Binjai


Diketahui, terpilihnya kelima belas anggota Panwascam yang akan bertugas di 5 kecamatan di Kota Binjai diantaranya Binjai Kota, Binjai Utara, Binjai Timur, Binjai Barat dan Binjai Selatan tersebut, ialah mereka yang telah berhasil dan lulus penyeleksian dengan metode seleksi berkas, wawancara, ujian tertulis serta online.

Kepada awak media, saat sesi wawancara, Ketua Bawaslu Kota Binjai, Arie Nurwanto, mengatakan, seusai pelantikan tersebut, seluruh anggota Panwascam terpilih akan langsung bekerja, mulai dari pelatihan, pemetaan wilayah rawan hingga melakukan pengawasan saat Pilkada itu sendiri berlangsung.

"Setelah resmi dilantik, mulai malam ini, seluruh anggota Panwascam akan langsung bekerja, mulai dari pelatihan, menyiapkan kantor kesertariatan, mengawasi proses rekrutmen PPK dan pendaftaran kandidat perseorangan, kerjasama dengan para stakeholder demi menguasai kondisi sosial-demografi dan keadaan wilayah, serta membaca potensi kerawanan yang ada terkait dengan penyelenggaraan Pilkada nantinya," kata Arie.

Tidak hanya itu, Arie juga menekankan, agar seluruh anggota Panwascam yang baru saja dilantiknya, tidak bermain-main dengan hukum serta selalu menjaga diri tetap pada koridor hukum yang benar.

"Atas pelantikan ini, kita berharap seluruh anggota panwascam agar senantiasa memegang prinsip pengawasan Pemilu, menjaga kekompakan dan soliditas, serta melaksanakan tugas sesuai aturan perundang-undangan," tegasnya.

Turut hadir dalam resepsi pelantikan tersebut, Komisioner KPU Kota Binjai, perwakilan Walikota Binjai, perwakilan Kejari Binjai, Perwakilan Polres Binjai, Perwakilan Kodim 0203/LKT, Perwakilan PN Binjai dan para tokoh agama serta masyarakat.(RFS).
Komentar Anda

Terkini