-->



Walikota Binjai dan Kakanwil BPN Sumut Serahkan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat

Selasa, 27 Februari 2018 / 06:00
Walikota Binjai H.M Idaham SH.Msi berfoto bersama dengan Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono beserta unsur Muspida Kota Binjai 


e-news.id

Binjai - Walikota Binjai, HM Idaham, didampingi Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumatera Utara , Bambang Priono, menyerahkan 2.500 sertifikat tanah kepada masyarakat Kota Binjai, disaksikan oleh Kepala Kantor BPN Binjai, Nur Khadijah, Sekda, M Mahfullah P daulay, dan segenar unsur OPD di jajaran Pemko Binjai, bertempat di Lapangan Merdeka Binjai, Senin (26/2).

Dengan mengusung tema, utarakan Sumatera Utara Binjai smart city bersertifikat semakin lengkap, Walikota sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kakanwil BPN Sumut yang telah bekerja sama dengan Pemko Binjai, karena telah dapat mensukseskan program pensertifikatan tanah oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/badan Pertanahan Nasional, yang mana diharapkan pada  tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia sudah harus terdaftar, terpetakan , dan bersertifikat.

Idaham menjelaskan, bahwa saat ini hampir 70 persen tanah di Kota Binjai sudah bersertifikat, sisanya 29 persen akan diusahakan selesai di tahun 2018 , sehingga Binjai akan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang 100 persen tanahnya sudah bersertifikat.

"Dengan pembagian sertifikat ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Binjai, serta dapat memberikan jaminan kepemilikan hukum hak atas tanah masyarakat secara adil dan merata, sehingga dengan demikian dapat mengurangi , serta mencegah sengketa dan konflik pertanahan yang ada," harap Walikota.

Selain itu, dengan adanya pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap ini, bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sektor pajak , memberikan keuntungan kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha kecil menengah (UKM), karena sertifikat hak tanah akan mempermudah proses kredit , serta dengan terpetakannya dan telah terdaftar bidang tanah secara sistematis di masing-masing kelurahan melalui proses komputerisasi semoga dapat menambah layanan aplikasi smart city di Kota Binjai.

Walikota menegaskan bahwa program ini telah tepat sasaran dan sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Binjai, salah satu cara yang dilakukan Pemko Binjai untuk melindungi masyarakat agar terhindar dari biaya pungutan liar terkait pengurusan sertifikat tanah yakni seluruh sertifikat sebanyak 2.500 dibagikan secara serentak kepada masyarakat .

"Hari ini seluruhnya kita bagikan, kita tidak membagi secara seremonial, dikesempatan ini saya imbau kepada masyarakat Binjai yang tanahnya belum memiliki sertifikat, agar segera diurus. Mari kita mensertifikatkan tanah kita agar mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang kita miliki," imbau Walikota.

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumatera Utara , Bambang Priono, mengutarakan kekagumannya, dan rasa bangga kepada Kota Binjai, karena telah mengijinkan BPN Binjai membantu mengamankan tanah masyarakat secara yuridis. Dengan sertifikat tersebut semoga masyarakat merasa aman, tenteram, serta memiliki kemantapan hati , karena telah dapat membuktikan kepemilikan tanah yang sah .

"Penyerahan sertifikat tanah ini merupakan wujud kerja nyata kita dalam menyebarkan optimisme dalam rangka mengutarakan Sumut. Seluruh pemilik tanah di Sumut harus mendengar cerita ini, agar kebaikan dapat lebih banyak tersebar. Semua kepala daerah juga harus mengetahui demi kepentingan masyarakat dan negara di seluruh Sumut dapat secara serentak melakukan hal yang sama," ucap Bambang.

Ia menilai, Walikota Binjai telah bersungguh-sungguh dalam membantu proses penyelesaian sertifikat tanah, tidak main-main Walikota turut membantu berupa memberikan potongan sebesar 75 persen untuk BPHTB, dimana kebijakan tersebut sangat membantu masyarakat meringankan biaya dalam kepengurusan sertifikat tanah.

"Ini adalah potret sempurna dari pertemuan kepentingan masyarakat dan kepentingan pemerintah. Saya sungguh berbangga hati, karena sertifikat tanah yang kami produksi menjadi jembatan dari pertemuan ini. Kepada Bapak Walikota jika ada yang bisa kami lakukan agar hubungan baik ini ter
Komentar Anda

Terkini