-->



Anak Indonesia Berduka... Arist Merdeka Sirait Tutup Usia

Sabtu, 26 Agustus 2023 / 17:52
Tutup Usia : Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Indonesia Arist Merdeka Sirait, tutup usia di Jakarta, Sabtu (26/08/2023). (Foto: Capture Foto akun Instagram @rahmadfadlisirait/enews).



e-news.id 

Jakarta - Hari ini, seluruh anak serta aktivis perlindungan anak di Indonesia turut berduka. Pelopor perjuangan sekaligus Ketua Umum Komnas Anak Indonesia Arist Merdeka Sirait, tutup usia, Sabtu (26/08/2023) sekira pukul 08:30 WIB.

Tokoh perjuangan yang selalu berkomitmen dalam perlindungan serta pemenuhan hak-hak anak di Indonesia itu, meninggal dunia pada usia 63 tahun di RS Polri Keramat Jati Jakarta Timur.


Dalam konferensi pers yang dilansir dari kanal Youtube @Arist Merdeka Sirait, pihak keluarga yang diwakili oleh Pengurus Komnas Perlindungan Anak Indonesia, mengucapkan turut berbelasungkawa atas berpulangnya Arist Merdeka Sirait. 

"Selamat siang, hari ini kita berduka, karena sahabat kami Arist Merdeka Sirait, pejuang anak dari tahun 1980-an sampai detik ini. Arist Merdeka Sirait, dalam usia 63 tahun telah meninggalkan kita," seperti dilansir dari akun Youtube @Arist Merdeka Sirait. 


Di sisi lain, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumatera Utara Muniruddin Ritonga, ketika dikonfirmasi prihal berpulangnya Arist Merdeka Sirait, mengatakan, pihaknya turut merasakan duka yang mendalam atas kepergian tokoh besar perlindungan anak di Indonesia tersebut.

"Pertama, kami seluruh pengurus LPA Kota Binjai, mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Ketua Umum Komnas PA, tokoh besar perlindungan anak di Indonesia Arist Merdeka Sirait, dalam usia 63 tahun di Jakarta," ujar Muniruddin Ritonga S.H.


Ungkapan duka juga datang dari Sekertaris LPA Kota Binjai Rahimin Sembiring S.H, kepada e-news.id mengatakan, sosok Arist Merdeka Sirait adalah wajah perjuangan dan kemerdekaan atas hak-hak anak di Indonesia, yang tidak pernah mengkhianati pergerakan dalam mewujudkan pemenuhan serta perlindungan bagi anak.
Bersambung >>
[cut]
Pejuang Hak Anak : Momen Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait, menghadiri kegiatan sosialisasi hak-hak anak di Kota Binjai, Sabtu (26/08/2023). (Foto: Capture Foto Akun Instagram @rahmadfadlisirait/e-news.id).



"Beliau adalah wujud nyata dari perjuangan dalam pemenuhan serta perlindungan hak-hak anak di Indonesia. Arist Merdeka Sirait adalah simbol kemerdekaan anak Indonesia," tambahnya.

Rencananya, Jenazah Arist Merdeka Sirait akan disemayamkan di rumah duka di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat dan nantinya dimakamkan di kampung halamannya di Porsea, Sumatera Utara.

Arist Merdeka Sirait mengawali kariernya sebagai aktivis yang aktif di sejumlah LSM dan organisasi buruh. Sempat menjadi aktivis buruh anak di awal 1980-an, hingga beberapa tahun berikutnya membentuk yayasan untuk perlindungan terhadap buruh.

Pada tahun 1987, ia mendirikan Kompak atau Yayasan Komite Pendidikan Anak, yang bertugas memberikan pendidikan untuk buruh anak.


Kemudian di tahun 1998, Arist Merdeka Sirait bersama sejumlah aktivis anak lainnya termasuk Seto Mulyadi, mendirikan Komite Nasional Perlindungan Anak atau Komnas PA.

Arist Merdeka Sirait juga merupakan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) sejak 2010, setelah menggantikan Seto Mulyadi. Sebelum itu, ia menjabat sebagai Sekjen Komnas PA selama 12 tahun sejak 1998. (RFS).

Klik Vidoe di Bawah ini : 


Komentar Anda

Terkini