LPA Sumut Gelar Forwil Ke-I, Muniruddin Terpilih Secara Aklamasi

Kamis, 26 September 2019 / 06:26
Ketum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, saat berdiskusi dengan pengurus LPA Kabupaten/Kota se-Sumut. 


e-news.id

Binjai - Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang termaktub dalam Komisi Nasional Perlindungan Anak, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Sumatera Utara, secara resmi membuka forum wilayah (Forwil) ke-1 tahun 2019 di Aula Hotel Resident Puri Medan tepatnya di Jalan Puri, Medan, Kamis (29/9) sekira pukul 13:00 WIB.

Forwil pertama yang digelar oleh LPA Provinsi Sumatera Utara (Sumut) turut dihadiri oleh Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Bung Arist Merdeka Sirait, beserta Sekjen, Danang Sasongko, Ketua LPA Sumut, Muniruddin Ritonga SH.MH, beserta seluruh ketua dan pengurus LPA kabupaten/kota se-Sumut.

Dalam sambutannya, Ketum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, mengatakan dirinya ingin agar lembaga yang secara khusus bekerja demi kepentingan terbaik anak, semakin kuat dan solid serta seluruh pengurusnya menjadi agen perubahan dalam melindungi hak-hak anak.

"Kedepan, kita harus semakin solid, mampu dan mau menjadi agen perubahan dalam melindungi hak-hak anak, mari kita besarkan lembaga ini, karena kita adalah pegiat sosial anak lyang secara serius dan komitmen menjadikan negara ini bebas kekerasan terhadap anak, jangan pernah takut, karena Allah SWT/Tuhan Yang Maha Esa, pasti bersama kita," kata Arist Merdeka Sirait.

Arist Merdeka Sirait, saat memberikan ucapan selamat kepada Ketua LPA Provinsi Sumatera Utara, Muniruddin Ritonga SH.MH, yang kembali terpilih secara aklamasi dalam sidang Forwil ke-I. 


Sementara itu, Sekjen Komnas PA, Danang Sasongko, mengucapkan, menjadi pegiat anak di LPA adalah menjadikan pekerjaan sebagai ladang amal seseorang, dan ketika seseorang itu ikhlas mengerjakannya, maka segala urusannya pun akan dipermudah.

"Ini ladang amal kita, kalau kita ikhlas membantu setiap orang yang membutuhkan bantuan kita dalam hal pemenuhan hak-hak anak, maka yakinlah, segala urusan kita pun akan akan di permudah oleh Allah SWT, jadi bekerja saja, bantu anak Indonesia agar terpenuhi haknya," tutur Danang Sasongko.

Usai mendengarkan sambutan dari kedua tokoh nasional tersebut, Ketua LPA Provinsi Sumut, Muniruddin Ritonga SH.MH, memberikan laporan pertanggungjawaban kerja selama 5 tahun terakhir dan secara simbolis mengembalikan jabatannya sebagai ketua, untuk selanjutnya disidangkan oleh peserta Forwil yang datang dari seluruh pengurus LPA Kabupaten/Kota se-Sumut.

Dalam sidang Forum Wilayah Lembaga Perlindungan Anak Sumatera Utara, terdapat 2 pilihan bagi para peserta yang dinilai telah memenuhi Qorum untuk bersidang, yaitu, calon ketua dan sekretaris baru dapat dicalonkan atau mencalonkan diri, setelah diskors selama beberapa menit terdapat 2 pasang peserta, diantaranya, Muniruddin Ritonga SH.MH berpasangan dengan M. Syafii dan Ahmad Muhazir bersama Ali Bahamar.

Setelah pasangan Ahmad Muhazir dan Ali Bahamar, memutuskan untuk mundur dalam proses pemilihan oleh peserta forwil, maka secara aklamasi Muniruddin Ritonga SH.MH bersama M. Syafii, terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris LPA Provinsi Sumatera Utara periode 2020-2025, yang selanjutnya disahkan oleh Sekjen Komnas PA, Danang Sasongko.

Kanan, Ketum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, berfoto bersama Ketua LPA Kota Binjai, R. Fadli Sirait, seusai sidang Forwil ke-I LPA Provinsi Sumatera Utara 


Dalam sambutannya, sebagai ketua yang terpilih untuk kedua kalinya itu, Muniruddin Ritonga SH.MH, memaparkan rencana kerja selama 5 tahun kedepan. Dimana ia menginginkan agar LPA dapat bekerja sama dengan pemerintah dengan aturan dan landasan hukum yang telah ada.

"Kita tahu, bahwa saat ini ada Permendes yang mengatur soal dana desa, dimana dalam aturan tersebut terdapat poin bahwa penggunaan anggaran tersebut sebagiannya harus digunakan untuk yang bersifat pemberdayaan, dengan begitu, LPA bisa saja menjadi mitra kerja pedesaan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat tentang bagaimana melindungi hak-hak dasar anak," ungkap Munir.

Selain itu, Munir juga menuturkan, bahwa dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap seluruh pengurus LPA di tingkat Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, hal ini dilakukan, agar para pegiat perlindungan anak, memiliki kompetensi yang mumpuni guna menjadi narasumber di daerah masing-masing.

"Dalam waktu dekat ini, atau target lita pertengahan November nanti, kita akan selenggarakan Bimtek terhadap rekan-rekan, hal ini bertujuan agar kita punya kompetensi untuk menjadi narasumber di daerah masing-masing, ini perlu kita lakukan, mengingat permasalahan anak termasuk dalam kategori 'Lexspesialis' atau butuh penanganan yang tidak biasa, jadi tidak bisa yang menjadi narasumber itu orang yang biasa, harus punya keahlian khusus terkait dengan anak," tuturnya.

Selesai mendengarkan sambutan dari Muniruddin Ritonga SH.MH, acara dilanjutkan dengan diskusi ringan dan berfoto bersama dengan Ketum Komnas PA beserta Sekjen dan pengurus LPA Kabupaten/Kota se-Sumut. (RFS).

Komentar Anda

Terkini