-->



Bersiap, Coklit Pemilu 2024 di Kota Binjai Dimulai Besok

Minggu, 12 Februari 2023 / 10:16
Tahapan Coklit : Komisioner KPU Kota Binjai Robby Effendi, menjelaskan tahapan coklit dalam Pemilu Serentak Tahun 2024. (Foto: Istimewa).

e-news.id


Binjai - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Sumatera Utara, akan melaksanakan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemilu 2024 mulai besok, Minggu (12/02/2023). 

Sesuai jadwal, tahapan tersebut akan berlangsung selama jangka waktu satu bulan ke depan, yakni hingga 14 Maret 2023 mendatang.


"Benar. Besok akan kita mulai tahapan coklit. Tapi tidak hanya di Binjai. Karena tahapan ini dilakukan serentak secara nasional," ungkap Komisioner KPU Kota Binjai, yang juga Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia, dan Partisipasi Masyarakat, Robby Effendi Hutagalung, Sabtu (11/02/2023) sore.

Dikatakan Robby, tahapan coklit terlebih dahulu dimulai dengan pelantikan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Khusus di Kota Binjai, pelantikan Pantarlih dipusatkan pada setiap kantor kecamatan.


Menurutnya, pelantikan akan diikuti 807 petugas Pantarlih. Jumlah ini sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di Kota Binjai. Mereka masing-masing memiliki masa tugas selama dua bulan, terhitung sejak 12 Februari hingga 11 April 2023.
Bersambung>>
[cut]
Tahapan Coklit : Komisioner KPU Kota Binjai Robby Effendi, menjelaskan tahapan coklit dalam Pemilu Serentak Tahun 2024. (Foto: Istimewa).


 
"Usai pelantikan, rencananya akan digelar Apel Kesiapan Pantarlih. Masing-masing Komisioner KPU Kota Binjai akan bertindak sebagai pembina apel. Sedangkan PPK bertindak sebagai pemimpin apel," terang Robby.

Dalam kegiatan ini nanti, sambungnya, turut dilaksanakan pemakaian secara simbolis rompi khusus Pantarlih, pembacaan pakta integritas Pantarlih, dan penyampaian pidato resmi Ketua KPU RI oleh para pembina apel.

 
Setelah apel selesai dilaksanakan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek Pantarlih, yang akan dipandu oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Binjai.

"Tidak lupa kami turut mengimbau masyarakat Kota Binjai agar mendukung proses coklit yang dilakukan petugas Pantarlih secara door to door. Dengan catatan, masyarakat diharapkan pula menunjukan bukti kependudukan berupa e-KTP dan KK," seru Robby. (War/ADB).
Komentar Anda

Terkini