-->

Sambut HBA ke-60, Kajati Sumut Makan Malam Bersama Wartawan

Selasa, 21 Juli 2020 / 04:22
Foto : Kajati Sumut, DR Amir Yanto SH,MM,MH, memberikan kata sambutan dihadapan seluruh wartawan yang hadir 


e-news.id

Medan - Dalam rangka menyambut peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-60 Tahun 2020, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajati Sumut) DR Amir Yanto SH,MM,MH, menggelar ramah tamah dan makan malam bersama, dengan para awak media atau wartawan, Senin (20/7/2020).

Ramah tamah sekaligus makan malam bersama dengan para awak media yang biasa melakukan peliputan berita di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), di gelar di Aula Lantai 3, Kantor Kejatisu Jalan Jendral Besar AH Nasution, Medan.

Selain Kajati Sumut dan wartawan yang meliput berita di Kejatisu, kegiatan yang berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pemerintah, turut dihadiri oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajatisu) Jacob Hendrik Pattipeilohy SH, MH, para Asisten beserta jajaran dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia, Hermansyah.

Dalam sambutannya, Kajati Sumut mengatakan, ia sudah sangat dekat dengan kalangan wartawan, dimulai ketika dirinya ditunjuk sebagai ajudan Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus (Jampidsus) sekitar tahun 1998 dan sewaktu menjabat Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI  hingga dengan saat ini.

"Sebenarnya saya sudah dekat dengan kawan-kawan wartawan, itu sejak tahun 1998, waktu itu saya sebagai Ajudan Jampidsus, lalu saya sempat menjabat sebagai Kapuspenkum juga sangat dekat dengan kalangan pers dan juga sampai saat ini," ujar DR Amir Yanto SH,MM,MH.

Kajati Sumut juga mengucapkan, ia akan berusaha memfasilitasi segala kebutuhan jurnalis dalam hal peliputan berita di lingkungan Kejatisu, seperti penyediaan ruangan media center lengkap dengan minuman ringan serta akses internet di dalamnya.

"Saya berharap kita bisa terus bekerjasama dan bermitra dengan baik, dengan itu saya sudah membangun ruangan untuk kawan-kawan media bisa menulis berita nanti di dalamnya ada juga disediakan minuman ringan serta lengkap akses internet," ucapnya.

Foto : Ketua PWI Sumut, Hermansyah, menyambit baik niat Kajati Sumut, prihal UKW bagi wartawan di lingkungan Kejatisu.


Selain itu, Kajati Sumut juga mengharapkan, di lingkungan Kejatisu, dapat terbentuk suatu wadah bagi wartawan yang melakukan peliputan di kantor Korps Adhyaksa. Wadah yang dimaksud sama seperti di Kejagung RI, yaitu, Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka).

"Saya juga berharap, di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara ini akan terbentuk, perkumpulan kawan-kawan yang kalau di pusat disebut Forum Wartawan Kejaksaan, dan memang sebenarnya saya dapat informasi sudah terbentuk. Namun, saya juga dapat informasi bahwa terbentuknya Forwaka ini belum mencerminkan angggota, oleh sebab itu, mohon maaf kepada pengurus yang sudah terbentuk, saya belum bisa menerima, bukan karena tidak mau, tetapi karena apakah pengurus tersebut sudah disetujui oleh seluruh anggota," harap DR Amir Yanto SH,MM,MH.

Di ujung sambutannya, Kajati Sumut juga menyatakan siap membantu ataupun memfasilitasi para wartawan bersama dengan PWI Sumatera Utara, untuk dapat mengikuti standarisasi profesi jurnalistik, yaitu Uji Kompetisi Wartawan. Hal itu dinilai penting, karena berkaitan dengan profesionalitas dalam menjalankan pekerjaannya.

"Tadi saya juga sudah dengar dari pak Ketua PWI, tentang Uji Kompetisi Wartawan, jadi kita siap untuk membantu dan memfasilitasi kegiatan tersebut. Ini juga berkaitan dengan cara kerja kawan-kawan pers, seperti misalnya memahami cara kerja di Kejaksaan, bagaimana menulis berita ketika perkara penyelidikan ataupun di penyidikan," tutupnya.

Menyambut baik prihal tersebut, Ketua PWI Sumut, Hermansyah, siap untuk bekerja sama dengan Kejatisu untuk mengadakan UKW bagi wartawan yang bertugas melakukan peliputan berita di lingkungan Kejatisu.

Baca juga : Sambut HBA ke-60 dan Ulang Tahun IAD ke-20, Kejatisu Salurkan 5 Ribu Lebih Paket Sembako

"Untuk keprofesionalitasan kawan-kawan wartawan yang meliput di lingkungan Kejatisu ini, saya sangat menyambut baik niatan dari bapak Kajati Sumut, untuk bekerja sama dengan kami dalam menggelar UKW, jadi Kejaksaan adalah mitra ketiga yang bekerja dengan PWI, setelah Pemprov Sumut dan beberapa pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, dan saya juga adalah penguji tingkat nasional, dimana saat ini UKW sudah angkatan ke-30 dengan peredikat lulus sebanyak 800 orang wartawan," terang Hermansyah.

Usai mendengar sambutan dari Kajati Sumut dan Ketua PWI Sumut, acara dilanjutkan dengan makan bersama diiringi penyanyi trio yang melantunkan lagu dengan nada-nada tinggi khas suku Batak. (RFS).
Komentar Anda

Terkini