-->



Wali Kota Dorong Potensi Zakat Binjai

Rabu, 17 Oktober 2018 / 04:00
Asisten Bidang Pemerintahan Otto Harianto saat mewakili Walikota Binjai dalam acara sosialisasi zakat


e-news.id

Binjai - Walikota Binjai HM Idaham SH MSi, meminta kepada pimpinan OPD menghimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menunaikan pembayaran zakat  melalui Unit Pelayanan Zakat (UPZ) yang ada di instansinya, Selasa (16/10).

Walikota yang diwakili Asisten bidang pemerintahan Otto Harianto mengatakan, pembayaran zakat ASN disesuaikan dengan Undang - undang dan peraturan pemerintah guna memanfaatkan dana zakat  untuk kepentingan umat.

”Saya minta pimpinan OPD mengoptimalkan  dan memberi penjelasan tentang kewajiban zakat kepada ASN yang beragama islam,” ujar Otto membacakan sambutan tertulis walikota.

HM Idaham juga mengingatkan perlunya terus dilakukan sosialisasi agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat untuk mengeluarkan zakatnya pada Badan Amil Zakat Nasional. Dengan adanya kepercayaan umat maka dana zakat yang terkumpul dapat dimanfaatkan untuk membantu perekonomian rakyat.

Ketua Baznas Binjai Ansyarullah menjelaskan potensi zakat dari ASN di kota Binjai sangat potensial dan diperhitungkan mencapai miliaran. “ Yang hanya dapat terkumpul di tahun pertama ini berkisar Rp. 300 juta,” ujarnya.

Ketua MUI Kota Binjai HM Jamil dalam sosialisasi menegaskan pentingnya kewajiban menunaikan zakat oleh ASN sesuai ketentuan yang berlaku. Dana zakat yang terkumpulkan di Baznas sangat diperlukan umat, terutama kaum duafa sehingga di Binjai tidak lagi ada masyarakat miskin.

Dari 43 OPD di lingkungan Pemko Binjai baru 24 yang sudah terbentuk UPZ.

“Oleh sebab itu kita berusaha mengoptimalkan pengumpulan zakat guna membantu  kaum duafa , membangkitkan perekonomian umat  dan membantu siswa,mahasiswa serta rumah ibadah yang semuanya merupakan amal jariah ASN,” ujar  wakil ketua  Baznas Binjai Akhyar AR didampingi pengurus lainnya antara lain H Khudri Kamil, H. Khariul Badri dan Syafriansyah. (red).
Komentar Anda

Terkini