-->



Pemko Binjai Gandeng Bukalapak Pasarkan Produk UMKM

Selasa, 28 Agustus 2018 / 01:00
Wali Kota Binjai berfoto bersama dengan Bukalapak 


e-news.id

Binjai - Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggandeng bukalapak untuk berkolaborasi membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam hal memasarkan produk yang nantinya tidak hanya di kenal di Binjai namun di seluruh Indonesia.

Walikota Binjai, HM Idaham, saat bertemu dengan Vidya simarmata, Public Policy and Government Relation Manager dari bukalapak, di ruang Binjai Commamd Center (BCC), Senin (27/8), mengatakan bahwa Pemko Binjai tidak hanya menginginkan kerjasama namun lebih kepada berkolaborasi antara bukalapak sebagai marketplace, serta Bank Sumut selaku pemberi CSR.

Kepada Walikota, Vidya Simarmata menjelaskan, bukalapak merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia, dimana visi dan misinya ingin memberdayakan UMKM yang ada di Indonesia.

"Bukalapak telah banyak membina komunitas UMKM. Komunitas yang berada di bawah pengawasan bukalapak terus dibina dan diberi motivasi agar dapat maju bersama, berdasarkan survei kami, di Binjai belum ada terbentuk komunitas yang masuk ke dalam bukalapak," ungkap Vidya.

Dikatakan Vidya, bukalapak berkeinginan merangkul pemerintah daerah agar para UMKM dapat membantu menggerakkan perekonomian daerahnya masing-masing

Melihat aplikasi e-government yang telah berjalan di Kota Binjai, Vidya berkeyakinan akan sangat mudah melakukan kolaborasi.

"Saya melihat Binjai sudah sangat rapi, dan untuk melakukan kerjasama kami sudah tidak perlu memulai dari nol, karena Binjai sudah terbentuk sebagai kota cerdas. Ke depan kerjasama akan kita bantu mulai dari offline ke online. Kita akan support total,"  tegasnya.

Menambahkan, Walikota mengungkapkan bahwa pada prinsipnya Pemko Binjai sepakat menjalin kerjasama dengan bukalapak. "Saya ingin membuktikan bahwa Pemko Binjai mampu berkolaborasi sekelas bukalapak yang profesional,"  kata Idaham.

Walikota meminta kepada dinas terkait, agar segera menindaklanjuti apa-apa saja yang dibutuhkan, seperti melakukan pendataan seluruh pelaku UKM yang ada di Binjai.

"Mungkin saat ini pelaku UMKM kami membutuhkan pelatihan dari bukalapak. Mengingat perubahan sistem bukan hal yang mudah untuk dilakukan, maka kita perlu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah terlatih. kita berharap dengan kolaborasi ini dapat menginspirasi para kaum muda untuk membangun jiwa enterpteneur," harap Walikota.

Pertemuan tersebut dihadiri, Pimpinan Bank Sumut Cabang Binjai, Budi Anshari Nasution, beserta staf, dan para asisten Walikota, dan Pimpinan OPD. (Red).
Komentar Anda

Terkini