-->


Nani Timbas Buka Sosialisasi Gernas Baku

Selasa, 17 April 2018 / 07:00
Wakil Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Nani Timbas, menyumbangkan buku pada  acara sosialisasi Gernas Baku


e-news.id

Binjai - Gerakan nasional orang tua membacakan buku (Gernas Baku) kepada anak, merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, satuan pendidikan PAUD, dan masyarakat.

"Tujuan utama gernas baku yakni menumbuhkan minat minat baca pada anak, meningkatkan kemampuan komunikasi dan berbahasa, menyampaikan ide anak, meningkatkan imajinasi, daya pikir anak, mempererat hubungan sosial emosi orang tua dan anak, serta meningkatkan rasa ingin tahu," hal itu diungkapkan Wakil Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Nani Timbas, saat membuka sosialisasi Gernas Baku, di Aula Pemko Binjai, Senin (16/4).

Adapun langkah strategis gernas baku yang perlu disikapi bersama antara lain, melaksanakan sosialisasi dan kampanye gernas baku, mobilisasi gerakan donasi buku yang sesuai bagi anak usia dini dan penyediaan buku bacaan bagi orang tua di keluarga, menyediakan pojok baca buku di satuan PAUD, posyandu maupun kelompok dasar wisma, bunda PAUD bersama organisasi mitra membacakan buku di satuan PAUD maupun komunitas.

"Puncak pelaksanaan gernas baku serentak se Indonesia akan dilaksanakan pada 5 Mei mendatang, saya mengajak bunda PAUD baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan untuk menjadi agen dan lokomotif dalam mensukseskan acara puncak gernas baku," pinta Nani.

Usai membuka sosialisasi Gernas Baku, Nani yang juga sebagai narasumber, dihadapan peserta yang terdiri dari Bunda PAUD kecamatan, kelurahan, dan anggota PKK, menjelaskan bahwa menumbuhkan minat baca pada anak jauh lebih penting daripada  mengajarkan anak  dapat cepat membaca.

Membaca perlu dilakukan agar menambah kosakata baru, meningkatkan kemampuan mengungkapkan ide, meningkatkan rasa ingin tahu, dan mengembangkan daya imajinasi anak.

"Yang perlu dilakukan orang tua untuk menumbuhkan minat baca anak yaitu, memahami tahap perkembangan membaca pada anak, memahami cara belajar anak, memperkenalkan berbagai media sumber bacaan, menyediakan bahan bacaan untuk anak, dan membacakan buku pada anak," tegas Nani.

Sesibuk apapun orang tua harus menyempatkan waktunya untuk membacakan cerita atau membacakan buku kepada anaknya minimal 10 menit dalam sehari, karena minat baca anak dimulai dari peran orang tua.

Diakhir acara, kepada peserta sosialisasi diberikan kesempatan untuk menyumbangkan buku bacaan yang baik bagi anak, penyumbangan buku bacaan dapat diserahkan di kantor PKK tingkat Kota, yang akan dikumpulkan sampai acara puncak gernas baku mendatang. (RFS).

Komentar Anda

Terkini