-->



Puluhan Pelajar SMKN 1 Binjai Ikuti Diklat Jurnalistik PWI

Selasa, 28 Februari 2023 / 19:18
Diklat Jurnalistik : Ketua PWI Kota Binjai, Arma Delisa Budi AMd, didampingi Sekretaris, Wardika Aryandi SS, dan Anggota, Ismail Lubis, menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala SMK Negeri 1 Kota Binjai, Safaruddin SPd MPd, saat berlangsung diklat jurnalistik bagi pelajar sekolah terkait, Selasa (28/02/2023). (Foto: e-news.id/Wardika).




e-news.id 

Binjai - Sebanyak 40 pelajar SMK ikutserta dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) jurnalistik, yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai di SMK Negeri 1 Kota Binjai, Sumatera Utara, Selasa (28/02/2023). Acara ini merupakan agenda penutup dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-77/2023 PWI Kota Binjai.

Pada kesempatan itu, PWI Kota Binjai menunjuk dua narasumber. Mereka antara lain, Sekretaris PWI Kota Binjai, yang juga Wartawan Harian Analisa Wardika Aryandi SS, dengan materi pengenalan profesi wartawan dan teknik menulis straight news, serta Wakil Ketua III PWI Kota Binjai, yang juga Wartawan digtara.com, Hendra Mulya Chaniago SSos, dengan materi teknik pengambilan foto dan video berita.


Kepala SMK Negeri 1 Kota Binjai, Safaruddin SPd MPd, saat membuka diklat jurnalistik bagi pelajar SMK Negeri 1 Kota Binjai mengapresiasi peran dan kontribusi PWI bagi dunia pendidikan, terutama dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi pelajar.

Atas pelaksanaan kegiatan ini, dia turut berharap wawasan pelajar dapat lebih meningkat, terutama terkait produk jurnalistik dan mekanisme kerja seorang wartawan, sekaligus mendorong ketertarikan generasi muda menggeluti profesi sebagai wartawan.


"Tak ada salahnya kita menjadi seorang jurnalis. Sebab menjadi jurnalis akan memberi kita kebebasan dan kepekaan mengaktualisasikan pikiran, pandangan, dan berbagai fenomena di sekitar kita," ujar Safaruddin, yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Binjai.
Bersambung >>
[cut]
Diklat Jurnalistik : Ketua PWI Kota Binjai, Arma Delisa Budi AMd, didampingi Sekretaris, Wardika Aryandi SS, dan Anggota, Ismail Lubis, menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala SMK Negeri 1 Kota Binjai, Safaruddin SPd MPd, saat berlangsung diklat jurnalistik bagi pelajar sekolah terkait, Selasa (28/02/2023). (Foto: e-news.id/Wardika).



Sebelumnya, Ketua PWI Kota Binjai,
Arma Delisa Budi AMd, menyebut, diklat jurnalistik bagi pelajar merupakan salah satu dari sekian banyak agenda kegiatan yang dilaksanakan PWI Kota Binjai menyambut momentum peringatan Hari Pers Nasional ke-77/2023.

"Ini kesempatan yang langka bagi adik-adik semua. Sebab sangat jarang sekali kegiatan seperti ini dilaksanakan di sekolah-sekolah. Karena itu manfaatkan kegiatan ini agar pengetahuan kita dapat bertambah," terangnya.


Lebih lanjut Budi turut meminta para pelajar agar memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan perkembangan dunia digital yang semakin pesat untuk melakukan berbagai hal positif, lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial, serta tidak mudah mencerna dan menyimpulkan berbagai informasi yang belum diketahui kebenarannya. 

"Menjadi wartawan itu penuh dengan tantangan. Namun di tengah tantangan itu, wartawan juga memiliki peran yang sangat strategis. Sebab tanpa wartawan dunia akan miskin informasi. Tidak heran banyak orang besar mengawali karirnya sebagai wartawan," ucapnya. (War/Red).

Ketua PWI Kota Binjai, Arma Delisa Budi AMd, didampingi Sekretaris, Wardika Aryandi SS, dan Anggota, Ismail Lubis, menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala SMK Negeri 1 Kota Binjai, Safaruddin SPd MPd, saat berlangsung diklat jurnalistik bagi pelajar sekolah terkait, Selasa (28/02/2023).
Komentar Anda

Terkini