-->



KPU Binjai Umumkan Dapil Binjai Bertambah pada Pemilu 2024

Selasa, 07 Februari 2023 / 10:10


Dapil Binjai : KPU Binjai saat mengundang sejumlah tokoh masyarakat, tokoh pemuda hingga tokoh agama membahas penataan Dapil dan alokasi kursi pada akhir Desember 2022 lalu, di Coffee Day, Binjai. (Foto: e-news.id/Gabe).


e-news.id 

Binjai - Daerah Pemilihan di Kota Binjai untuk pemilihan umum (pemilu) legislatif tahun 2024 mendatang, akhirnya dinyatakan bertambah. Semula empat, kini menjadi lima.

Hal itu, seperti yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.


"Ya benar, ada PKPU baru yang keluar. Kita baru terima dan sudah dibaca," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Binjai, Robby Effendi ketika dikonfirmasi, Selasa (7/2/2023). 

Dalam PKPU No 6/2023, dituliskan bahwa Kota Binjai kini menjadi 5 Dapil. Semula Dapil 1 Binjai Kota-Binjai Barat, kini sudah dipecah.


Adapun pemecahan Dapil dan jumlah alokasi kursinya yakni, Dapil Binjai Kota dengan alokasi 4 kursi, Dapil Binjai Barat (6 kursi), Dapil Binjai Utara (10 kursi), Dapil Binjai Timur (8 kursi) dan Dapil Binjai Selatan (7 kursi). "Untuk langkah sosialisasi dan sebagainya, mungkin keputusan KPU Terkait Dapil sudah dibaca publik dan mudah diakses di JDIH (jaringan dokumentasi dan informasi hukum) KPU," kata Robby. 
Bersambung >>
[cut]
Dapil Binjai : KPU Binjai saat mengundang sejumlah tokoh masyarakat, tokoh pemuda hingga tokoh agama membahas penataan Dapil dan alokasi kursi pada akhir Desember 2022 lalu, di Coffee Day, Binjai. (Foto: e-news.id/Gabe).



Sebelum diumumkan KPU RI, KPU Binjai mengusulkan 2 pilihan. Pilihan pertama dengan 4 Dapil dan pilihan kedua dipisah jadi 5 Dapil.


"KPU juga akan menyampaikan keputusan KPU ini (pemetaan Dapil dan alokasi kursi) ke semua pihak, termasuk Bawaslu dan partai politik," kata Robby. 


Kini, KPU RI sudah mengumumkan pemetaan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Binjai. Robby menambahkan, lebih rinci nantinya akan disampaikan rekannya dari Divisi Teknis terkait langkah apa yang harus dilakukan pasca keluarnya putusan tersebut. 


Saat ini, KPU Binjai juga tengah menyiapkan pelantikan petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih. "Apel kesiapan pantarlih dan bimtek digelar serentak pada 12 Februari 2023 mendatang. Saat bersamaan juga, sekarang kita sedang melakukan restrukturisasi TPS dan verifikasi faktual untuk calon DPD," pungkasnya. (Gabe/ADB).
Komentar Anda

Terkini