-->



Generasi Muda Islam Diminta Pahami Lima Ciri Umat Nabi Muhammad

Selasa, 18 Oktober 2022 / 19:05

Generasi Muda Islam : Ustaz Ibnu Jarot, saat berceramah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallah Alaihi Wassalam 1444 Hijriah di Masjid Agung Kota Binjai.


e-news.id 


Binjai - Ulama Milenial Kota Binjai, Sumatera Utara, Ustaz Ibnu Jarot Al-Jauhari SPdI meminta para remaja Muslim tampil sebagai generasi muda Islam yang utuh dengan memahami lima ciri utama Umat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Kelima ciri dimaksud antara lain, tegas dan keras terhadap orang kafir dalam hal aqidah dan keyakinan, lembut dan saling mengasihi antar sesama Muslim, selalu menjaga salat dan mantap menjalankan amal ibadah, berbuat baik semata-mata untuk mendapat ridho dan karunia dari Allah Subhanahu Wa Taala, serta ada tanda sujud pada dahi yang membuat wajahnya senantiasa bercahaya.


"Kelima ciri Umat Nabi Muhamma ini pada dasarnya telah diuraikan oleh Alquran dalam Surat Al-Fath ayat (29)," ungkap ulama muda yang akrab disapa UJA ini, di hadapan ratusan peserta didik SMA Negeri 6 Kota Binjai yang hadir mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallah Alaihi Wassalam 1444 Hijriah di Masjid Agung Kota Binjai, Selasa (18/10/2022) pagi.

Secara khusus Ibnu Jarot, juga menghimbau para generasi muda Islam agar senantiasa menjaga dan mengedepankan moralitas, etika, dan sopan-santun, serta tidak mudah terpengaruh dampak negatif globalisasi budaya dan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.


"Pesan saya, jadilah generasi muda Muslim dan Muslimah yang unggul, cerdas, dan bermanfaat bagi orang lain. Bantu, jaga, dan bahagiakan kedua orangtua kita, saudara-saudara kita, dan orang-orang terdekat kita serta jauhkan mereka dari segala bentuk kesesatan dan maksiat," ujar Ibnu Jarot.
Bersambung>>
[cut]
Generasi Muda Islam : Ustaz Ibnu Jarot, saat berceramah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallah Alaihi Wassalam 1444 Hijriah di Masjid Agung Kota Binjai.


Sebelumnya saat membuka acara ini, Kepala SMA Negeri 6 Kota Binjai, Sujarno S.Kom, meminta seluruh peserta didiknya agar memanfaatkan masa muda untuk melakukan hal-hal positif, terutama dengan memaksimalkan amal ibadah, menjauhi kemaksiatan, serta senantiasa memuliakan orangtua dan guru.

"Ingat, melakukan hal-hal positif dapat kita mulai dari hal-hal yang kecil. Contohnya dengan menyempurnakan nilai ibadah atau menyenangkan kedua orangtua kita dengan prestasi," serunya, di hadapan Ketua dan Sekretaris Komite SMA Negeri 6 Kota Binjai, Ferdy Yupa SE dan Wardika Aryandi SS, Pembina Rohani Islam (Rohis), Amrullah, serta para pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 6 Kota Binjai.


Lebih jauh Sujarno juga mengingatkan para peserta didik SMA Negeri 6 Kota Binjai agar menjadikan momentum peringatan maulid untuk meneladani tiga dari empat sifat utama Nabi Muhammad Shalallah Alaihi Wassalam, yakni siddiq (jujur), amanah, dan fathanah (cerdas).

"Paling penting lagi, senantiasa bekali diri dengan iman dan taqwa, serta ilmu pengetahuan yang bermanfaat, sehingga kita dapat membedakan antara hak dan bathil, juga membedakan antara yang baik dan yang buruk," serunya.


Sebagai acara penutup, turut dilaksanakan resepsi serah-terima hadiah bagi para pemenang kategori lomba kuliah tujuh menit putra dan putri, lomba tilawah putra dan putri, serta lomba kumandang azan. (War/RFS). 
Komentar Anda

Terkini