-->


Terus Berbenah, SMAN 6 Binjai Kembangkan 13 Program Ekskul

Sabtu, 08 Oktober 2022 / 21:58
Sekolah Unggulan : SMA Negeri 6 Kota Binjai terus berbenah, untuk menjadi sekolah unggulan di Sumut.

e-news.id

Binjai - SMA Negeri 6 Kota Binjai terus berbenah di tahun ajaran 2022-2023 demi tampil sebagai sekolah unggulan di Sumatera Utara. Salah satu upaya konkrit ialah mengembangkan 13 program ekstra kulikuler (ekskul) bagi para siswa.

"Upaya ini kita lakukan demi memberikan kesempatan siswa mengembangkan minat dan bakatnya, sekaligus meningkatkan motivasi belajar mereka dan mencegah anak-anak kita dari aktivitas-aktivitas negatif," ungkap Kepala SMA Negeri 6 Kota Binjai, Sujarno SKom, Sabtu (08/10/2022).

Baca juga : Perayaan Hari Guru Nasional, ini Kado Istimewa dari An-Nas dan BPJAMSOSTEK

Dijelaskannya, ke-13 program ekstra kurikuler yang saat ini dikembangkan SMA Negeri 6 Kota Binjai, antara lain Sepakbola, Futsal, Basket, Voli, Taekwondo, Pramuka, PMR, Rohis, Rokris, Pandu Digital, Teater, Paskib, dan Paduan Suara.

Menariknya, kata Sujarno, SMA Negeri 6 menjadi satu-satunya SMA di Kota Binjai yang mengembangkan ekstra kulikuler sepakbola. Bahkan untuk meningkatkan motivasi para siswa, pihaknya sengaja mendatangkan mantan pemain nasional, Saktiawan Sinaga, sebagai pelatih.

Baca juga : Sinergitas Sekolah dan TBM Ampuh Atasi Learning Loss

"Di sekolah kita, semua ekskulnya menonjol, karena aktif dan ada pelatihnya. Biayanya juga gratis. Bahkan kita memberikan puding berupa makan bernutrisi tinggi setiap bulannya khusus untuk ekskul sepakbola," ujar Sujarno, didampingi Ketua Komite SMA Negeri 6 Kota Binjai, Ferdy Yupa SH.

Bersambung>>

[cut]

Sekolah Unggulan : SMA Negeri 6 Kota Binjai terus berbenah, untuk menjadi sekolah unggulan di Sumut.


Untuk mendukung optimalisasi kegiatan esktra kulikuler, khusunya yang berbasis olahraga, dia pun berencana menjadikan halaman belakang sekolah sebagai areal sport center bagi para siswa.

Beruntung menurut Sujarno, prestasi siswa SMA Negeri 6 Kota Binjai yang mengikuti program ekstra kulikiler sudah mulai terlihat. Sebagai contoh, Grup Paduan Suara sudah menciptakan mars dan hymne sendiri.

Baca juga : Siswa Perguruan Methodist Ramai-ramai ke Polres Binjai, ini yang Mereka Lakukan

Tim Pandu Digital tengah merancang alamat web sendiri, dan terdapat pula tiga siswa yang kini mewakili Kota Binjai di ajang Kejurda Futsal Sumatera Utara. 

"Bagi saya, indikator sekolah unggul itu jika program ekskulnya aktif. Makanya kita tawarkan setiap siswa ikut program ekskul sesuai dengan minat dan bakatnya. Sebab saya sadar, ekskul ini adalah sarana pengembangan minat dan bakat siswa, wadah pembinaan karakter dan kedisiplinan siswa, dan ajang kreativitas siswa," terangnya.

Baca juga : Tingkatkan Literasi bagi Pelajar, Syah Afandin Apresiasi Kampanye Baca Koran SPS Sumut

Kalaupun ada persoalan-persoalan yang berhubungan dengan siswa, seperti perkelahian atau aksi perundungan siswa, diakui Sujarno, pihaknya sesegera mungkin melakukan mediasi dengan menghadirkan siswa, orangtua siswa, guru bagian kesiswaan, serta komite sekolah. (red)

Komentar Anda

Terkini