-->



Bahas Isu Stunting, Mahasiswa MPM STAIPI Kolaborasi dengan Dinkes dan DPRD Garut

Kamis, 25 Agustus 2022 / 18:56

Bahas Isu Stunting : Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan DPRD Garut, Mahasiswa MPM STAIPI, gelar talkshow membahas isu stunting.

e-news.id 


Garut - Berangkat dari isu, kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi secara kronis atau stunting, Mahasiswa MPM Kelompok 01 STAIPI Garut, menggelar talkshow yang berkolaborasi dengan Kepala Dinas Kesehatan dan DPRD Kabupaten Garut, Kamis (25/8/2022).

Talkshow yang mengangkat tema “Pengelolaan Gizi Seimbang dalam Upaya Mencetak Anak Generasi Emas Bebas Stunting”, di gelar di GOR  Desa Sukaratu, Malangbong-Garut, pada Rabu 24 Agustus 2022 sekira pukul 10:00 WIB.


Hadir sebagai narasumber pertama, Dr. H. Maskut Farid., M.M dan Ahmad Nurodin, S.Pd. sebagai narasumber kedua (perwakilan dari Dewan Pak Karnoto S.Kep., M.Si). Selain itu, turut pula mengikuti kegiatan, Kepala Desa berikut ketua TP-PKK beserta anggota TP-PKK, Ketua MUI, Ketua BPD beserta Karang Taruna Desa Sukaratu dan mahasiswa KKN UNIGA.

Rangkaian acara dari pembukaan hingga sambutan dipandu oleh Deulia Nurpajriah, Mahasiswa MPM STAIPI Garut. Pada sesi sambutannya, Asep Gunawan,. S.Ag. sebagai Kepala Desa Sukaratu menuturkan bahwasanya kegiatan talkshow ini menjadi kebanggaan dan keinginan kelompok juga pemerintah dan masyakarat Desa Sukaratu.


Dalam acara ini, ketua kelompok MPM 01 STAIPI Garut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat, “Terimakasih atas support dan partisipasi dari para narasumber, tamu undangan dan para masyarakat yang turut andil dalam mensukseskan acara ini terutama kepada rekan-rekan panitia yang telah memaksimalkan tenaga beserta dukungannya untuk acara ini,” tutur Atip Hidayat.
Bersambung>>
[cut]
Gelar Talkshow : Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan DPRD Garut, Mahasiswa MPM STAIPI, menggelar talkshow membahas isu stunting.


Ketua pelaksana kegiatan ini juga mengatakan mengenai kegiatan ini “Acara yang mengesankan serta antusiasme masyarakat yang baik, mudah-mudahan dengan adanya acara ini bisa lebih diperhatikan perihal gizi yang seimbang untuk anak,” ungkap Azzahra Balqis Rizla

Kegiatan ini dilaksanakan karena data yang didapatkan di lapangan mengenai stunting yang terdapat perubahan dari tingkat merah menjadi kuning, sehingga kegiatan ini menjadi hal yang bermanfaat karena adanya informasi tambahan serta menjadi ajang silaturahmi.


Kemudian acara dilanjutkan pada materi pertama dari narasumber yang menyebutkan “Untuk menciptakan generasi yang sehat harus diperhatikan hal-hal sederhana yang telah disebutkan, yakni penuhi gizi seimbangnya, jangan stres dan jaga kesehatan jangan beraktivitas terlalu berat,” kata Dr. H. Maskut Farid., M.M. dalam pemaparan materinya.

Materi penyuluhan stunting selanjutnya memaparkan mengenai penekanan tingkat stunting dan hal yang harus diperhatikan selama kehamilan, di akhir pembahasannya beliau mengucapkan “Jaga anak, karena anak akan menjadi generasi pemimpin dan ahli ibadah di kemudian hari,”. Terang Ahmad Nurodin, S.Pd.


Mengikuti tema yang diangkat dalam talkshow ini yakni “Pengelolaan Gizi Seimbang dalam Upaya Mencetak Anak Generasi Emas Bebas Stunting”, maka hal yang dibahas ialah mengenai pencegahan, solusi beserta informasi tambahan mengenai pembahasan stunting. Tak lupa dalam closing statement narasumber mengingatkan “pola asuh dan pola gizi itu menentukan tingkat penekanan stunting yang akan terjadi," ujarnya. (Ril/RFS).

Catatan Redaksi : 
Ditulis oleh, Ainin Naimah (Anggota MPM 01 STAIPI Garut Sukaratu).
Komentar Anda

Terkini