-->



Sidak SPAM Marcapada! Direktur PDAM Tirtasari Binjai, Pastikan Pasokan Air Aman Sepanjang Lebaran

Minggu, 01 Mei 2022 / 16:31
Pasokan air aman : Direktur PDAM Tirtasari Binjai Ir. Taufiq ST, IPM, Asean Eng, melakukan sidak ke SPAM Marcapada, guna memastikan pasokan air aman, sepanjang libur lebaran tahun 2022.



e-news.id


Binjai - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari Binjai Ir. Taufiq ST, IPM, Asean Eng, menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Marcapada Jalan Gunung Sinabung, Kelurahan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan, Binjai, Minggu (1/5/2022).

Sidak tersebut dilakukan Direktur PDAM Tirtasari Binjai, guna memastikan pasokan air sebagai kebutuhan utama bagi masyarakat tetap aman, di sepanjang musim libur lebaran tahun ini.


Dalam sidak yang ia lakukan, Direktur PDAM Tirtasari Binjai, melakukan pengecekan secara langsung ke lokasi Intake atau bangunan penangkap air di SPAM Marcapada, apakah terdapat kendala di sana.

Tidak hanya bangunan Intake saja yang diperiksa, melainkan sistem instalasi listrik, ketersedian bahan baku pengolahan air, hingga mesin pompa dan bangunan pengolah air juga tidak luput dari pemeriksaan, yang dilakukan oleh Ir. Taufiq.


Disela-sela kegiatan sidak, kepada e-news.id, Direktur PDAM Tirtasari Binjai, mengatakan, dia memastikan pasokan air ke masyarakat khususnya para pelanggan, akan relatif aman. Dengan catatan, tidak terjadi sesuatu yang bersifat luar biasa, disepanjang masa perayaan Idul Fitri 1443 Hijrah.

"Dari hasil sidak yang kita lakukan hari ini, kita dapat memastikan bahwa pasokan air akan relatif aman, di sepanjang libur lebaran tahun ini, dengan beberapa catatan penting," ujar Ir. Taufiq.
Bersambung>>
[cut]
Pengecekan mesin pompa air : Direktur PDAM Tirtasari Binjai Ir. Taufiq ST, IPM Asean, memeriksa langsung mesin pompa air, untuk memastikan pasokan air aman, sepanjang libur lebaran tahun ini



Catatan penting yang dimaksud Direktur PDAM Tirtasari Binjai, ialah, tidak terjadi pemadaman listrik oleh pihak PLN, di area SPAM Marcapada, selama libur lebaran kali ini. Mengingat, pasokan listrik adalah sumber energi utama, dalam pengolahan air baku yang nantinya disalurkan kepada masyarakat.

"Kita berharap, selama libur lebaran ini tidak ada pemadaman listrik untuk daerah SPAM Marcapada dan sekitarnya. Karena, jika listrik mati, maka sistem pengolahan air kita juga akan mati, kan sumber energi utama pengolahan air kita menggunakan listrik, dengan kata lain, kita sangat bergantung dengan ketersediaan pasokan listrik" tuturnya.


Terkait bahan baku air sungai, tambah Direktur PDAM Tirtasari Binjai, dia memprediksikan, saat ini permukaan air Sungai Bingei cenderung stabil namun mengalami penyusutan hingga ke level lebih kurang 15 persen dari biasanya.

Penyusutan bahan baku yang masuk ke Intake SPAM Marcapada, dikarenakan beberapa faktor diantaranya, kembali jebolnya bronjong pada sisi atau tebing Sungai Bingei, tak jauh dari lokasi pintu air bendungan dan intensitas hujan yang menurun beberapa pekan belakangan.


"Untuk bahan baku air sungai, sampai saat kita cek tadi masih aman, namun memang sedang mengalami penurunan karena bronjong di seberang itu masih rusak. Jadi airnya mengalir membuka jalur baru dan juga beberapa pekan ke belakang hujan sedikit berkurang, artinya kita berharap bendungan segera pulih dan dalam beberapa hari ke depan akan segera turun hujan, agar tetap aman," tambahnya. (RFS).
Komentar Anda

Terkini