-->



Untuk Alam yang Lebih Baik, BP Jamsostek Gelar Employee Volunteer

Jumat, 18 September 2020 / 20:00

Sosialisasi : Kakacab BP Jamsostek Binjai T. Haris Sabri Sinar, mensosialisasikan, program BP Jamsostek kepada warga di acara Employee Volunteer.


e-news.id

Binjai - Dengan mengangkat tema "Together We Can Make The World A Better Place To Live", BPJS Ketenagakerjaan atau yang kini disebut BP Jamsostek, menggelar Employee Volunteer di Halaman Parkir Kantor BP Jamsostek Cabang Binjai Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Binjai Timur, Binjai, pada Jumat (18/9/2020).

Employee Volunteer yang digelar oleh BP Jamsostek kali ini, dihadiri oleh puluhan orang warga Kota Binjai dan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Binjai, T. Haris Sabri Sinar. Dalam sambutanannya, ia mengatakan, kegiatan sarat makna sosial itu adalah bukti, pihaknya sangat pedulikan akan lingkungan hidup beserta penghuninya.

"Di sini, kita dari BP Jamsostek Cabang Binjai, menggelar kegiatan Employee Volunteer, sebagai bukti nyata kerja kita, yang peduli terhadap lingkungan hidup beserta seluruh isinya, termasuk kita sebagai penghuni dari lingkungan itu sendiri," ujar T. Haris Sabri Sinar.

Membagikan kantong ramah lingkungan berisi bahan sembako. Masih Haris, pihaknya (BP Jamsostek), dalam mengembangkan bisnisnya, juga berupaya untuk menjaga keseimbangan antara lingkungan hidup dengan penghuninya. Artinya, tidak hanya mencari keuntungan perusahaan, namun juga tetap mengedepankan aspek sosial masyarakat dan alam.

"Dalam acara ini, kita membagikan sembako berupa beras dan lain sebagainya yang kita kemas di dalam kantong pakai ulang ramah lingkungan, kepada masyarakat yang hadir dalam acara ini. Maksudnya ialah, selain sebagai bantuan sosial ke masyarakat di Kota Binjai, kita juga mengedukasi agar masyarakat peduli terhadap lingkungannya dengan menggunakan kantong pakai ulang yang ramah lingkungan," katanya.

Di sela-sela acara tersebut, Haris juga menjelaskan beberapa program unggulan BP Jamsostek, diantaranya, kepesertaan bagi Penerima Upah (PU) dan Bukan Penerima Upah (BPU). seperti diketahui, program PU, adalah mereka yang bekerja di suatu badan usaha atau perusahaan, sedangkan BPU ialah, warga atau perorangan dengan kegiatan ekonomi dan tidak bekerja di suatu badan usaha tertentu.

"Dikesempatan ini juga, izinkan saya sedikit menjelaskan beberapa program unggulan kami, baik bagi pekerja di sebuah perusahan ataupun yang tidak bekerja di perusahaan. Pasti bapak ibu bertanya-tanya, kalau tidak bekerja di perusahaan apakah bisa menjadi peserta BP Jamsostek, jawabannya bisa, yaitu sebagai peserta BPU atau bukan penerima upah," jelas Haris.

Haris pun menerangkan, terdapat 4 program kepesertaan di BP Jamsostek, yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Selain itu, ia juga memaparkan soal betapa murahnya premi yang dibayarkan peserta, dibandingkan dengan besarnya manfaat yang akan diterima.

"Jadi bapak ibu, ada 4 program kepesertaan kita, yaitu JKK, JKM, JHT dan JP, soal preminya sangat murah sekali jika kita bandingkan dengan seluruh manfaat yang akan kita terima jika terdaftar sebagai peserta di BP Jamsostek. Untuk dua program JKK dan JKM, anda hanya cukup membayar sebesar kurang dari 17 ribu rupiah per bulan per orang," terangnya.

Kegiatan Employee Volunteering atau yang biasa disingkat EV itu sendiri, bermakna, suatu kegiatan sosial dari sebuah perusahaan untuk mengerahkan karyawannya agar berpartisipasi dalam kegiatan volunteer. Kegiatan volunteer ini dapat berupa kegiatan apa saja yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan (alam maupun sosial).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari CSR (Corporate Social Responcibility). CSR dapat diartikan sebagai, salah satu usaha perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang terkait dengan perusahaan. Perusahaan akan memberi atau membagikan sumber daya dan keuntungannya untuk kegiatan CSR ini.

Sebagai salah satu bentuk CSR tersebut, kegiatan EV memiliki banyak kelebihan dibandingkan kegiatan CSR lainnya. Manfaat Employee Volunteering sendiri dapat mencakup pihak-pihak yang sangat banyak namun tetap terkait dengan perusahaan. (Ray).

Komentar Anda

Terkini