-->



Pemko Binjai Beri Pelatihan Kepada Pelaku UMKM

Selasa, 10 Juli 2018 / 03:42
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Binjai Eka Edi Saputra berfoto bersama dengan seluruh peserta pelatihan 


e-news.id

Binjai - Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Koperasi dan UKM mengadakan pelatihan pengemasan bagi pelaku Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Senin (9/7) di Rumah Makan Pondok Punokawan, jalan Gatot Subroto.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Binjai, Eka Edi Saputra, banyak pelaku UMKM di Binjai belum menganggap penting soal pengemasan yang baik. Banyak produk pangan masih dikemas secara sederhana dengan bungkus plastik lalu ditutup dengan cara dibakar lilin. Padahal, menurut Eka pengemasan yang baik sangat penting untuk meningkatkan nilai jual produk.

“Pengemasan yang baik sangat penting karena mempengaruhi kualitas produk agar tahan lebih lama, tahan benturan, perubahan cuaca, dan lain-lain," kata Eka.

Dengan meningkatnya kepedulian terhadap pengemasan yang baik, Eka berharap produsen pengemasan di Binjai juga ikut berkembang. Karena itu, seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik.

Pada pelatihan ini, peserta mendapatkan materi tentang pengolahan pangan yang baik, dan praktek tentang cara mengemas makanan.

Rosmawati Hutagalung, narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Binjai, mengingatkan para pelaku UMKM untuk memperhatikan pengolahan makanan sesuai standar kesehatan. Mulai dari kebersihan sarana produksi, bahan yang digunakan tidak mengandung bahan berbahaya, serta memperhatikan higien dalam proses pengolahan makanan.

“Penggunaan bahan-bahan berbahaya pada makanan seperti boraks, formalin dan pewarna tekstil bisa memicu penyakit kanker,“ kata Rosmawati.

Dia juga mengingatkan pelaku usaha pembuatan produk pangan olahan untuk mengurus ijin di Dinas kesehatan secara gratis. (RFS).

Komentar Anda

Terkini