-->

Soft Launching Gernas Baku, Walikota Binjai Bacakan Dongeng Pada Anak-anak

Kamis, 03 Mei 2018 / 00:00
Walikota Binjai H.M Idaham SH.Msi saat berdongeng di hadapan para anak-anak 


e-news.id

Binjai - Tepat pada Hari Pendidikan Nasional Pemerintah Kota Binjai melakukan soft launching Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) tahun 2018, di sudut baca Taman Balita, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Rabu (2/5).

Pada acara tersebut dilakukan  penganugerahan Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani M Idaham sebagai Bunda Literasi oleh Komunitas Binjai Kota Cerdas (KBKC), dan Pengukuhan Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan, sebagai agen penggerak Gernas Baku di Kota Binjai.

Pada kesempatan itu Walikota Binjai HM Idaham didampingi Bunda Literasi Hj Lisa Andriani, membacakan buku cerita kepada anak-anak PAUD. Walikota membacakan cerita tentang Woni Si Bungkus Keripik Kentang. Diceritakan, Woni merasa sedih karena anak–anak makan keripik kentang lalu membuang bungkusnya sembarangan. Idaham pun berpesan kepada anak–anak untuk membuang sampah di tempat sampah.

“Jadi anak-anak jangan membuang sampah sembarangan karena membuat lingkungan kita menjadi kotor dan banyak penyakit,“ pesan Idaham kepada anak-anak.

Kepada wartawan, HM Idaham mengutarakan Gernas Baku merupakan tindak lanjut bimbingan dan pengarahan kepada keluarga, terutama pasangan yang baru menikah. Sehingga mampu menciptakan keluarga yang pintar, kuat, dan sehat.

"Membangun masyarakat cerdas tentunya membutuhkan proses dan tahapan-tahapan, membiasakan anak-anak untuk gemar membaca harus di mulai dari sekarang. Kita berharap ke depan kota ini mampu berdaya saing dan sejahtera, kota yang masyarakatnya berakhlak. Kalau tidak dari sekarang kita memulainya kapan lagi, hasilnya mungkin bisa dirasakan satu atau dua generasi setelah kita," jelas Walikota.

Dengan telah diresmikannya sudut baca diharapkan masyarakat dapat mempergunakan fasilitas yang telah disediakan Pemko dengan sebaik-baiknya.

"Alhamdulillah sejauh ini pantauan kami masyarakat sangat antusias membawa anak-anaknya mengenalkan buku bacaan, minat baca masyarakat sedikit demi sedikit mengalami peningkatan, terlebih saat ini perpustakaan telah dilengkapi dengan fasilitas e-Book yang memudahkan pengunjung mencari buku bacaan melalui komputer yang tersedia," ungkap Idaham.

Walikota H. M Idaham juga mengungkapkan Pemko Binjai berencana menjalin kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang memiliki perpustakaan digital terbaik dan lengkap di Indonesia. Tujuannya untuk semakin meningkatkan perpustakaan di Binjai.

"Saya yakin Binjai mampu, tentunya dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat," tegas Walikota.

Sudut baca Taman Balita dibuka setiap hari dengan jadwal Senin sampai Jumat pukul 16.00 sampai dengan 18.00 WIB, Sabtu pukul 15.00 sampai 18.00, dan Minggu pukul 07.00 sampai 10.00 WIB. (RFS).

Komentar Anda

Terkini