Pasca Aksi Teror, Masyarakat Binjai Diminta Tidak Terprovokasi

Senin, 14 Mei 2018 / 14:00
Rapat rutin FKUB Kota Binjai


e-news.id

Binjai - Masyarakat Kota Binjai dihimbau untuk tidak mudah terprovokasi terhadap isu yang sedang berkembang saat ini,  terkait kejadian bom di gereja Surabaya, serta penyerangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, beberapa waktu lalu.

"Peristiwa yang terjadi tersebut tidak ada kaitannya dengan agama, ini adalah tindakan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Seluruh pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangat mengutuk keras kejadian itu, karena merupakan tindakan yang sangat kejam," tegas Ketua FKUB Kota Binjai, H Ahmad Nasir, saat menggelar rapat rutin FKUB, di Aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Binjai, Senin (14/5).

Ahmad Nasir mengungkapkan, pertemuan yang digelar merupakan rapat rutin FKUB, dirinya mengutarakan hubungan silaturahmi antara seluruh tokoh agama, etnis, masyarakat dan pemuda di Kota Binjai terjalin dengan baik, meskipun begitu sikap waspada harus tetap dilakukan.

"Alhamdulillah Kota Binjai sangat kondusif, semoga keadaan ini dapat terus kita pertahankan," harapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Binjai, Nasrullah Effendi mengatakan, secara umum kehidupan umat beragama di Kota Binjai dalam keadaan yang tenteram dan damai, semangat kebersamaan ini harus terus kita jaga.

"Semua agama mengecam tindak kekerasan dalam bentuk apapun, kita berharap seluruh pemangku kepentingan di Binjai dapat terus membangun komunikasi melalui dialog lintas agama agar keselarasan dapat terus terjaga," pinta Nasrullah.

Penasehat FKUB yang juga Kakankemenag Kota Binjai, H Abdul Manan, mengatakan melihat kondisi yang terjadi saat ini sangat dibutuhkan kewaspadaan dari semua pihak, baik TNI /Polri, dan seluruh masyarakat, agar tercipta keadaan yang kondusif. Tahun 2018 sampai 2019 merupakan tahun politik, maka sangat dibutuhkan kewaspadaan kita semua.

"Tokoh agama harus mampu mendeteksi kejadian sekecil apapun, jika terjadi gesekan di masyarakat harus disampaikan, agar bisa dicari solusinya bersama," jelas Kakankemenag.

Kasat Binmas Polres Binjai, AKP Eva Sinuhaji, mengatakan sangat terbantu dengan kehadiran FKUB, dan tokoh masyarakat di Binjai. Dikesempatan itu, Eva mengajak seluruh tokoh agama, masyarakat, etnis, dan seluruh pemangku kepentingan agar mampu menyampaikan pesan-pesan yang baik kepada seluruh anggotanya dan masyarakat, agar tidak terprovokasi terhadap isu yang belum pasti kebenarannya.

"Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada, jangan terprovokasi dengan berita hoaks," imbaunya. (RFS).
Komentar Anda

Terkini