-->

Hari Pertama UN, Walikota Kunjungi Siswa SMP

Senin, 23 April 2018 / 23:30
Para peserta UNBK di salah satu sekolah di Kota Binjai


e-news.id

Binjai - Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjalan lancar di Kota Binjai, diikuti sebanyak 6056 siswa, terdiri dari SMP negeri dan swasta.

UN berlangsung selama empat hari, mulai 23 sampai 26 April, adapun mata pelajaran yang diujikan yaitu, bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, serta ilmu pengetahuan alam.

Walikota Binjai, HM Idaham, melalui Asisten bidang ekonomi pembangunan, H Daniel Reza, usai meninjau UN tingkat SMP hari pertama mengatakan, meskipun sempat terjadi gangguan jaringan internet bagi sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), namun permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cepat, sehingga tidak mengganggu jalannya ujian.

"Gangguan jaringan internet lebih kurang terjadi selama 30 menit, gangguan tersebut memang langsung dari pusat, jadi kemungkinan semua sekolah tingkat SMP yang mengikuti UN mengalami hal itu bukan hanya di Binjai, namun permasalahan tersebut dengan cepat telah dapat diatasi dan Alhamdulillah sekarang sudah berjalan lancar kembali," ungkap Daniel usai meninjau pelaksanaan UNBK di SMP swasta Ahmad Yani, Senin (23/4).

Dijelaskannya, dengan terjadinya gangguan jaringan internet tersebut siswa tidak dirugikan masalah waktu, karena waktu ujian akan ditambah sesuai dengan lamanya gangguan jaringan yang terjadi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Binjai, Dra Indriyani MAP, menjelaskan bahwa UN dibagi ke dalam dua sistem, antara lain UNBK dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Sebanyak 5 SMP Negeri, 1 MTS Negeri, dan 18 SMP swasta, serta 3 MTS swasta melaksanakan UN dengan sistem UNBK.

Sedangkan sisanya, sebanyak 9 SMP Negeri, dan 16 SMP swasta masih melakukan UN dengan sistem UNKP. Sekolah yang menggunakan sistem UNBK ujian dimulai pukul 08.00 WIB, sedangkan yang masih menggunakan sistem UNKP ujian dimulai pukul 10.00 WIB.

Dikesempatan itu, Kadis Pendidikan turut mengimbau kepada seluruh siswa yang mengikuti UN untuk tidak khawatir terhadap gangguan jaringan internet yang terjadi.

"Kepada anak-anak kami yang mengikuti ujian jangan khawatir, permasalahan jaringan internet yang terjadi tidak akan mengganggu terhadap soal yang telah diselesaikan, karena soal yang telah dijawab akan dengan otomatis masuk ke server sekolah, dan akan diberikan tambahan waktu sesuai dengan lamanya gangguan jaringan yang terjadi," tegas Indriyani saat meninjau pelaksanaan UNBK tingkat SMP.

Indriyani juga mengatakan, jika ada siswa yang tidak hadir dikarenakan sakit nantinya bisa mengikuti ujian susulan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Peninjauan pelaksanaan UNBK dilakukan di SMPN 2, SMPN 1, MTSN, SMP swasta Ahmad Yani, SMPN 6, SMPN 5, sedangkan Peninjauan UNKP dilakukan di SMPN 7 Binjai. (RFS).
Komentar Anda

Terkini