Walikota Binjai Salurkan Bantuan Kepada 643 Pelaku Usaha UMKM

Senin, 22 Januari 2018 / 03:33
Walikota Binjai H.M Idaham SH.Msi, saat memberikan bantuan kepada salah satu pelaku usaha UMKM


e-news.id

Binjai - Walikota Binjai HM Idaham SH MSi, secara simbolis, menyerahkan bantuan peralatan usaha kepada 643 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kelompok usaha yang berasal dari 37 kelurahan di Kota Binjai, di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota Binjai,  Senin (22/1).

Walikota Binjai, HM Idaham dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa Pemko Binjai setiap tahunnya rutin memberi bantuan kepada pelaku usaha, agar kiranya mampu memajukan ekonomi masyarakat Kota Binjai.

"Pemberian bantuan ini merupakan kegiatan rutin dari Pemko Binjai untuk pelaku usaha, maka kami berharap pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, harus punya tanggung jawab, agar apa yang telah diterima dapat memberikan nilai tambah dalam usaha, terutama penambahan pendapatan," ujar Idaham.

Idaham menambahkan, dengan adanya bantuan ini dapat memberi kemudahan kepada pelaku usaha agar lebih mandiri, terlebih untuk dapat bersaing dengan produk luar, karenanya saat ini dituntut kreativitas dari pelaku usaha mikro untuk menghasilkan produk yang berdaya saing.

Kepada Kepala Dinas koperasi dan UKM,  HM Idaham menginstruksikan agar membagikan seluruh bantuan peralatan kepada pelaku usaha hari itu juga.

"Bantuan peralatan dibagikan kepada seluruh pelaku usaha hari ini juga, kita transparan," terang Walikota.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Binjai, Eka Edi Saputra, mengatakan jumlah penerima bantuan sebanyak 643 orang pelaku usaha mikro dan kelompok usaha, dimana bantuan yang diberikan berjumlah 43 jenis peralatan.

"Bantuan yang diberikan sesuai yang dibutuhkan oleh masing-masing pelaku usaha," ungkap  Eka.

Dijelaskannya, kriteria penerima bantuan yaitu para pelaku usaha mikro yang telah memasukkan permohonan ke Dinas Koperasi dan UKM, selanjutnya atas dasar permohonan itu pihaknya  melakukan verifikasi, melihat langsung ke lapangan benar tidaknya usaha tersebut, apakah peralatan yang diajukan memang dibutuhkan sesuai dengan usaha mereka.

Disaat bersamaan, Eka juga mengutarakan harapannya, bahwa dengan telah diterimanya bantuan tersebut, para pelaku usaha dapat meningkatkan produksi usahanya. Dan kepada bank penyalur untuk dapat memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha.

Pemko Binjai juga telah berupaya meningkatkan produktifitas pelaku usaha, diantaranya dengan menghadirkan aplikasi e-Warung, yang bertujuan guna mempromosikan produk-produk UKM secara online, sehingga dapat meningkatkan produk UKM yang ada. (RFS).
Komentar Anda

Terkini