-->

MS. Kaban: Banggalah Menjadi Anak Kota Rambutan.

Jumat, 14 Juli 2017 / 21:07


e-newsbinjai.com 


Binjai - Dirinya bernama lengkap Dr. H. Malem Sambat S.E, M.Si atau biasa dipanggil dengan sebutan MS. Kaban, putra dari pasangan A.M Kaban (Alm) dan R. Tarigan ini lahir di Kota Binjai, Sumatera Utara, pada 5 Agustus 1958 lalu, ia menikah dengan seorang wanita pujaannya bernama Nurmala Dewi dan di usianya yang ke-59 tahun, pasangan ini, telah dikaruniai 7 orang putra-putri. 

Ketika berusia 6 tahun, ia memulai pendidikan di SD Negeri 1 Kota Binjai hingga sampai di kelas 5 sekolah dasar ia berpindah sekolah ke SD Negeri 1 Sungai Karang, Kecamatan Galang, Deli Serdang, dilanjutkan ke SMP YPAK Deli Serdang yang berdekatan dengan perkebunan PTPN III, untuk pendidikan SMA, MS Kaban menempuh nya. di SMA N 7 Kota Medan, sedangkan untuk gelar S1 dan S2 nya MS. Kaban menempuhnya di Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya, dan Institut Pertanian Bogor. 

Semasa kecil, ia banyak menghabiskan waktu bermain nya di sepanjang Sungai Mencirim atau yang biasa ia dan temannya seusianya sebut sebagai Sungai Wak Kasim, ia dan teman-teman nya sering berenang menyebarangi sungai tersebut dan dilanjutkan dengan menonton pertandingan sepak bola di daerah Timbang Langkat (Stadion Sepak Bola Kota Binjai). 

Sejak dibangku SMP, MS. Kaban sudah aktif berorganisasi, mulai dari organisani Pramuka sewaktu SMP, organisasi OSIS dibangku SMA, hingga ke organisasi kemahasiswaan yaitu Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), dan juga sempat menjadi Ketua HMI DKI Jakarta.

Setelah menyelesaikan pendidikan S2 nya, tepatnya di tahun 1986, MS. Kaban memulai karir sebagai tenaga pengajar (Dosen), dibeberapa universitas di Jakarta, dimana ia menjadikan Universitas Ibnu Khaldun Bogor, sebagai Basecamp atau tempat untuk menyalurkan ilmu pendidikan yang telah ia pelajari. 



Di tahun 1999, putra kelahiran asli Kota Binjai ini terjun ke dunia politik, dan berhasil menjadi Anggota DPR RI juga sempat menjadi ketua Fraksi MPR RI, ditahun 2004 MS. Kaban juga kembali terpilih menjadi Anggota DPR RI dari Provinsi Jawa Barat, kemudian dirinya mendapat kepercayaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjabat sebagai Mentri Kehutanan dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I dan pada tahun 2005 dirinya diangkat menjadi Ketua Umum Partai Bulan Bintang. 

saat diwawancarai langsung e-newsbinjai.com, tentang kesan dan pesannya terhadap Kota Binjai, MS. Kaban mengungkapkan bahwa, dahulu Kota Binjai adalah kota yang terkenal dengan kebersihan nya, dimana pada masa itu ada satu waktu tertentu terdengar bunyi sirine yang mengisyaratkan kepada seluruh masyarakat Kota Binjai agar membersihkan lingkungan nya dan itu dikerjakan secara gotong royong. 

"Dulu di Kota Binjai ini, ada satu waktu tertentu dimana akan terdengar suara sirine yang mengisyaratkan kepada masyarakat, bahwa waktunya membersihkan lingkungan sekitar mereka, dan itu di kerjakan secara bergotong royong, dan itulah yang membuat Kota Binjai terkenal dengan kebersihan nya" ungkapnya. 

MS. Kaban juga mengatakan bahwa kota kelahirannya ini akan sangat maju dan terus berkembangan, bila pemerintah setempat dapat membangun Sumber Daya Manusia (SDM) nya secara lebih extra, karena dengan SDM yang handal dan baik sebuah kota akan mampu maju dan berkembang ke arah yang terus lebih baik. 

Salah satu putra terbaik Kota Binjai yang telah sukses di tingkat nasional ini juga mengucapkan kata-kata motivasi untuk masyarakat Kota Binjai, khususnya bagi anak-anak muda di kota kelahiran nya ini. 

"Untuk bisa menjadi orang yang sukses, bekerjalah dan berusahalah dengan cara yang terbaik, dengan kejujuran sebagai kunci utamanya, dan 1 lagi, bangga lah menjadi anak kota rambutan dimanapun dirimu berada", ucap MS. Kaban. (RFS). 


Komentar Anda

Terkini