-->



Cuaca Ekstrem di Binjai, Pohon Tumbang Rumah Warga Rusak Berat

Senin, 30 Agustus 2021 / 07:39

Cuaca ekstrem : Pohon tumbang dan rumah warga mengalami kerusakan berat akibat cuaca ekstrem di Binjai.

e-news.id


Binjai - Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang terjadi di Binjai. Akibatnya, batang pohon mahoni besar yang berdiri di Jalan Gaharu, Kelurahan Jati Makmur, Kecamatan Binjai Utara, Binjai, tumbang dan sempat menutup badan jalan, Senin (30/8/2021).

Selain menumbangkan pohon besar, angin puting beliung yang terjadi pada Minggu 29 Agustus 2021 sekira pukul 16:30 WIB itu, juga memporak-porandakan satu unit rumah semi permanen milik warga di Danau Tondano Lingkungan IX, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Binjai.


Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kota Binjai, rumah yang terdampak bencana cuaca ekstrem, adalah milik Muhammad Nasir (40).

Terlihat, rumah milik Nasir mengalami kerusakan berat pada bagian atap, dimana, keseluruhan penutup rumah bagian atas terbang disapu oleh kencangnya angin, pada sore hari itu.


Menindaklanjuti peristiwa kebencanaan yang terjadi, petugas BPBD Kota Binjai dibantu warga, berusaha memungut serta mengumpulkan bagian rumah milik Nasir yang berserakan di sekitar kediamannya.
Bersambung>>
[cut]
Cuaca ekstrem : Pohon tumbang dan rumah warga mengalami kerusakan berat akibat cuaca ekstrem di Binjai.


Sementara untuk batang pohon Mahoni yang tumbang, personil BPBD Kota Binjai, memotongnya menjadi beberapa bagian agar bisa dievakuasi ke pinggir badan jalan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun, kerugian yang dialami warga ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini dibenarkan oleh Koordinator Pusdalops BPBD Kota Binjai Muhammad Surya, ia menuturkan, pihaknya telah berhasil mengevakuasi batang pohon yang sempat menutup badan jalan.


"Benar, sore tadi sempat terjadi cuaca ekstrem, ada pohon tumbang yang sempat menghalangi jalan, tapi kita sudah berhasil evakuasi. Sementara untuk rumah warga yang mengalami kerusakan juga sudah terjun ke sana. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun, kerugian yang timbul diperkirakan sekitar 10 juta rupiah," kata Surya.

Selain itu, Surya juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat khususnya yang berdomisili di Kota Binjai, untuk meningkatkan kewaspadaan ketika cuaca ekstrem menerpa.


"Kita himbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada, terutama ketika cuaca buruk seperti hari ini," ujarnya. (RFS).
Komentar Anda

Terkini