-->

Sukses Menggelar Pilkada, KPU dapat Pujian dari Sekda dan Bupati Selayar Terpilih

Kamis, 18 Februari 2021 / 19:04

Terima pujian : Dinilai sukses menyelenggarakan Pilkada, KPU Selayar dapat pujian Sekda dan bupati - wakil bupati terpilih.


e-news.id


Selayar - Sebagai lembaga teknis penyelenggara pemilu di daerah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, telah menuntaskan seluruh tugas pokok dan fungsinya dalam mengawal proses dan hajatan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Selayar.

Indikator keberhasilan KPU, turut ditandai dengan suksesnya seluruh rangkaian proses pilkada, mulai dari awal hingga babak akhir. Semua tahapan pun dikawal secara ketat dan proporsional, dengan tetap mengedepankan netralitas dan obyektivitas yang mengacu pada regulasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) sebagai pedoman dasar dalam penyelenggaraan tahapan pilkada.

Hal ini senada dengan apa yang diutarakan secara gamblang oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Selayar, Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si, dalam season wawancara ekslusif dengan awak media, pada Kamis, (18/02) pagi.

"Penyelenggaraan pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati Selayar serentak tahun 2020 dinilai cukup sukses dan berjalan elegan yang kemudian dibuktikan lewat terjadinya peningkatan partisipasi pemilih sampai diangka 83,24 persen dan berhasil mengungguli Kabupaten Pangkajene Kepulauan," kata Marjani Sultan.


Capaian lain sangat jelas terlihat dari suksesnya penyelenggaraan pilkada yang berjalan lancar, aman, kondusif, dan terkendali, tanpa harus tercederai oleh potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Keberhasilan institusi aparat pengamanan dalam membina dan mempertahankan situasi kamtibmas mulai dari awal tahapan sampai dengan berakhirnya seluruh rangkaian serta proses penyelenggaraan pilkada, merupakan sebuah prestise luar biasa membanggakan yang patut diapresiasi dan dipertahankan," ungkapnya.

Pasalnya, fakta ini terbukti mampu mematahkan prediksi banyak pihak yang jauh sebelum pilkada sempat menempatkan dan memposisikan Selayar sebagai kabupaten penyelenggara pilkada terawan dari dua belas kabupaten kota yang akan menyelenggarakan pilkada di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

"Namun ternyata, prediksi tersebut kemudian berhasil dimentahkan. Stigma zona merah kabupaten rawan konflik, akhirnya terbantahkan oleh kondusifitas suasana dan situasi kamtibmas, pra dan pasca terselenggaranya bursa pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati serentak tahun 2020 yang berhasil 'mencetak' lahirnya, figur bupati dan wakil bupati pilihan masyarakat dan konstituen pendukung pasangan calon," tuturnya.


Setelah ditetapkan secara resmi melalui rangkaian rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Selayar, maka pasangan H. Muh. Basli Ali dan H. Saiful Arif, SH, telah sah menjadi bupati dan wakil bupati seluruh komponen warga masyarakat Selayar tanpa terkecuali.

Marjani juga meyakini dan optimis pasangan bupati dan wakil bupati terpilih akan mampu menunaikan tugas dan mengemban amanah sebagai pemegang tampuk kepemimpinan tertinggi yang berkewajiban mengontrol serta mengendalikan roda pemerintahan daerah, plus bertanggungjawab untuk mendorong dan memperjuangkan kemajuan pembangunan ekonomi serta taraf kesejahteraan rakyat. (AFB/AD).
Komentar Anda

Terkini