-->



Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Wabub Sergai Apresiasi UMKM Jamur Tiram

Minggu, 26 Juli 2020 / 05:09
Foto : Wakil Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya SE, berbincang dengan salah satu pengusaha UMKM Jamur Tiram Domas


e-news.id

Serdang Bedagai - Sebagai salah satu ujung tombak untuk meningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat kelas menengah ke bawah, Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), layak mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah baik pusat maupun daerah, Sabtu (25/7/2020).

Menyadari hal itu, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabub Sergai) H. Darma Wijaya SE, melakukan kunjungan ke salah satu komunitas UMKM, Kelompok Jamur Tiram Domas (Jatiramdo) di Desa Blok 10, Kecamatan Dolok Masihul, Sergai.

Dalam kunjungannya, Wabub Sergai H. Darma Wijaya SE, mengapresiasi langkah dan usaha yang dilakukan komunitas pembudidaya jamur tiram Jatiramdo, sejak tahun 2013 lalu.

"Luar biasa, saya salut dengan bapak Edi Perianto, atas kerja kerasnya membangun budidaya jamur tiram di sini. Selain budidaya, saya juga melihat bapak Edi, berhasil membangun tempat pelatihan budidaya jamur dan menjual benih jamur atau Baglog siap pakai," ujar H. Darma Wijaya SE.

Wabub Sergai juga mengatakan, inovasi UMKM Jatiramdo adalah bentuk nyata dari upaya masyarakat untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan serta menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Sergai di tengah Pandemi Covid-19.

"Apa yang dilakukan komunitas pembudidaya jamur tiram ini adalah langkah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga dapat menjaga ketahanan pangan kita dalam menghadapi Covid-19 seperti saat ini," ucapnya.

Foto : Wakil Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya SE, berfoto bersama dengan UMKM Jatiramdo.


Berkaitan dengan hal itu, Wabub Sergai, mengungkapkan harapannya, kepada komunitas UMKM termasuk Jatiramdo terus dikembangkan, agar dapat membantu masyarakat dapat hidup layak, lebih sejahtera, juga sehat dan menjadi peluang usaha terbaik di Indonesia khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Saya harap, ini terus dapat dikembangkan agar masyarakat dapat terus naik perekonomiannya, dan hidup lebih baik lagi kedepannya," harap H. Darma Wijaya SE.

Di sisi lain, Ketua Kelompok Jamur Tiram Domas (Jatiramdo) Edi Perianto (36) mengucapkan terima kasih kepada Wabup Sergai atas kunjungannya ke Kelompok Jatiramdo Dolok Masihul.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Wakil Bupati Sergai, H. Darma Wijaya SE, yang telah bersedia mengunjungi kami di sini, semoga dari kunjungan beliau ini, kami dapat terus mengembangkan usaha kami ke arah yang lebih baik lagi, karena dengan adanya dukungan pihak pemerintah pasti kami akan merasa tertolong sekali," kata Edi.

Edi mengisahkan, Berawal dari tahun 2013, saya memulai mendirikan wirausaha budidaya Jamur Tiram, dengan inspirasi segi bisnis Jamur sangat menguntungkan, sebab memiliki harga jual yang cukup tinggi, dan permintaan pasar akan jamur terus meningkat serta waktu panennya singkat, sehingga perputaran modalnya dapat berlangsung cepat.

Lanjut Edi, bahwa Bahan dasar untuk membudidayakan jamur ini pun mudah didapatkan karena menggunakan serbuk gergajian kayu yang dapat dengan mudah didapatkan. Sedangkan peluang pasarnya sendiri masih terbuka lebar asal kita jeli dalam melihat pasar. (Ril/RFS).

Komentar Anda

Terkini