Waspada!!! Penipuan Jual-Beli Modus Akun Fake

Minggu, 28 Juni 2020 / 00:21
Foto : Akun Instagram yang menggunakan indetitas dan foto palsu Adi Suyono


e-news.id

Binjai - Berhati-hatilah ketika hendak bertransaksi jual-beli melalui media sosial. Baru-baru ini, terkuak modus baru aksi kejahatan yang menggunakan akun atau indetitas palsu dan melakukan tindakan penipuan hingga menyebabkan banyak korban.

Korbannya, bukan hanya mereka yang melakukan transaksi atau mentransfer sejumlah uang kepada si pelaku. Melainkan, orang yang indetitasnya disalahgunakan juga turut bernasib amsiong, hingga harus mendapat teror serta dilaporkan kepada pihak berwajib.

Nasib amsiong itu dialami, Adi Suyono (28) warga Kecamatan Binjai Timur, Binjai. Indetitas pribadinya disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab, untuk menipu calon korbannya.

Foto : Adi Suyono mengadu ke Mapolres Binjai, atas indetitasnya yang dipalsukan dan digunakan untuk melakukan penipuan.


Kepada e-news.id Adi Suyono mengatakan, pertama kali ia mengunggah sepeda motor Yamaha miliknya ke media sosial Facebook, untuk dijual. Lalu ia dihubungi oleh seorang pria yang mengaku berasal dari daerah Semarang, dan mengatakan berminat membelinya.

Mereka berhubungan via aplikasi WhatsApp. dalam komunikasi itu, keduanya bersepakat untuk bertransaksi melalui rekening dan Adi Suyono diminta untuk mengirimkan indetitas pribadi mulai dari KTP, SIM dan surat-surat kendaraan yang ingin diperjualbelikan.

Setelah mengirim indetitas pribadinya, pria yang mengaku asal pulau Jawa itu, mengirim foto seolah-olah sedang berada di grai ATM. Namun, karena ada yang ganjil, Adi Suyono bertanya apakah gambar yang dikirim palsu, dengan entengnya, pria tersebut mengaku seorang penipu.

Baca juga : Akun Facebook 'Siluman' Wawako Binjai Meresahkan

Beberapa waktu kemudian, Adi Suyono menerima telepon hingga didatangi warga yang mengatakan dirinya telah melakukan penipuan. Merasa tidak pernah melakukan yang dituduhkan, ia pun melapor ke Mapolres Binjai, dan meminta agar kasus ini dapat diungkap. (RFS).





Komentar Anda

Terkini