-->

Akun Facebook 'Siluman' Wawako Binjai Meresahkan

Rabu, 10 Juli 2019 / 11:28
Screnshoot layar dari akun palsu yang mengatasnamakan Wawako Binjai, saat mencoba melakukan penipuan


e-news.id

Binjai - Akun media sosial Facebook palsu atau yang biasa disebut warganet sebagai akun 'siluman', kian hari makin meresahkan, akun-akun itu mencoba untuk melakukan penipuan dengan berbagai cara dan biasanya mengatasnamakan pejabat publik atau bahkan aparatur penegak hukum, Rabu (10/7).

Kali ini, akun bodong yang dimaksud mengatasnamakan Wakil Walikota (Wawako) Binjai, Timbas Tarigan SE, dan juga berusaha melakukan penipuan kepada beberapa orang pengguna media sosial besutan Mark Zukerberg itu.

Sekilas, terlihat tidak ada perbedaan akun asli Wawako Binjai Timbas Tarigan SE dengan akun siluman yang mengaku tengah membutuhkan sejumlah uang untuk beberapa kepentingan, namun, setelah pengguna media sosial berintraksi dengan akun tersebut, maka akan terlihat perbedaannya, mulai dari penggunaan bahasa hingga adanya usaha untuk menipu calon korbannya.

Akun media sosial yang juga menggunakan foto Timbas Tarigan SE itu, mencoba melakukan penipuan kepada calon korbannya dengan cara meminjam uang melalui aplikasi dan platform perpesanan Massanger atau biasa disebut Inbox Facebook.

Terlihat akun bodong itu berusaha menipu mangsanya dengan mengatakan bahwa dia (Timbas Tarigan SE-red) tengah melakukan pengalangan dana sosial hingga tengah terkena musibah dan meminta untuk dikirimi sejumlah uang dari pengguna Facebook, yang notabenenya memang berteman dengan akun asli Wawako Binjai.

Tidak tanggung-tanggung, dana yang diminta oleh akun palsu itu mulai dari 5 hingga 20 juta rupiah, dan memang secara keseluruhan, tidak ada pengguna media sosial Facebook yang langsung percaya dengan permintaan tersebut.

Screnshoot layar dari akun media sosial Facebook milik Wawako Binjai, Timbas Tarigan SE, yang asli ketika melakukan klarifikasi akun yang mengatasnamakan dirinya

Hal ini tentu saja membuat gusar sang Wawako Binjai dan langsung menguplaod status di media sosial pribadi miliknya, bahwa jangan ada yang percaya dengan permintaan dari akun penipu tersebut.

Setelah Timbas Tarigan SE, menguplaod status tersebut di akun Facebook pribadi miliknya, warganet pun memberikan berbagai macam tanggapan dan juga membagikan postingan Wawako Binjai itu, dengan memberikan capture untuk berhati-hati dengan akun palsu yang mengatasnamakan Wawako Binjai.

Saat dikonfirmasi Sumut24 terkait hal ini melalui aplikasi pesan WhatsApp pribadi miliknya, Timbas Tarigan SE mengatakan dirinya masih diluar kota dan akan menjadwalkan pertemuan dengan awak media pada jumat mendata.

"Saya di luar kota bang, Insya Allah hari jumat kita saling kontak ya," balas Timbas Tarigan SE.

Saat ditanya tentang bagaimana tanggapannya soal adanya akun palsu yang mengatasnamakan dirinya dan berusaha untuk melakukan penipuan, Timbas Tarigan SE kembali menambahkan agar masyarakat lebih bijak dalam bermedia sosial.

"Kita harus lebih hati-hati untuk mempergunakan media sosial, karena di dunia maya hari ini tak punya batas, artinya siapa saja bisa menshare informasi atau berita apa saja, bahkan tidak jarang dipakai untuk menipu, seperti mengedit, mengkloning akun fb, menghack WA dan lain-lain. Jadi intinya kita semua harus lebih hati-hati dan selalu menyaring info yang kita peroleh, serta mengcross check, pakailah media sosial dgn cerdas," tambah Ketua Garbi Sumut itu. (RFS).
Komentar Anda

Terkini