-->

Kelurahan Sumber Karya Kota Binjai Raih Juara I Tingkat Nasional

Sabtu, 27 Juli 2019 / 00:00
Foto bersama saat acara lomba HKG PKK


e-news.id

Binjai - Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Binjai, berhasil meraih penghargaan Pakarti Utama I pelaksana terbaik Tertib Administrasi PKK pada lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Nasional ke 47 tahun 2019. Jumat (26/7).

Penghargaan diserahkan oleh Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo  kepada Wakil Ketua TP PKK Kota Binjai Hj. Nany Susilawati Timbas Tarigan,  disaksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku Pembina PKK Pusat, ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan, pada  acara  puncak peringatan HKG PKK Tingkat Nasional ke 47 tahun 2019, berlangsung di  Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Kamis 25 Juli 2019 kemarin.

Atas  keberhasilan ini, Nany Timbas Tarigan mewakili ketua TP PKK Kota Binjai, secara khusus menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih  kepada semua pihak yang telah berperan serta sehingga penghargaan Pakarti Utama I kategori Tertib Administrasi PKK bisa diraih oleh Kelurahan Sumber Karya.

Menurut Nany Timbas Tarigan penghargaan ini bisa diraih berkat  kerja  keras para kader PKK mulai dari tingkat kota, kecamatan kelurahan hingga kelompok dasawisma. Juga berkat dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah dan masyarakat, dirinya berharap dengan penghargaan ini kader PKK di Kota Binjai semakin termotivasi untuk melaksanakan program PKK.

Dengan diraihnya penghargaan  ini juga  menambah  penghargaan tingkat nasional yang  berhasil diraih oleh Kota Binjai. Beberapa waktu lalu, Binjai  meraih Pakarti Utama II pada Lomba Pelaksana Terbaik Posyandu tingkat nasional kategori Kota, yang diraih oleh Posyandu Delima VI kelurahan Berngam kecamatan Binjai Kota.

Selain Pakarti Utama I  kategori tertib administrasi PKK yang diraih Kota Binjai, ada 4 kabupaten/kota lainnya di Sumut  yang  juga berhasil meraih penghargaan yakni, Pakarti Utama I pelaksana terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK oleh Kelurahan Padang Merbau, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebingtinggi.

Pakarti Utama II pelaksana terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (HATINYA) PKK oleh Desa Sayur Maincat, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Pakarti Utama II pelaksana terbaik Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test PKK oleh Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, serta Pakarti Madya III pelaksana terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) PKK oleh Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

Berkat 5 penghargaan ini, Sumatera Utara pun berhasil menyabet penghargaan juara umum pada lomba HKG PKK tahun ini.

Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh PKK kelurahan/desa, kabupaten/kota se-Sumut. Penghargaan yang diperoleh hari ini adalah berkat semangat dan usaha maksimal yang ditampilkan seluruh anggota PKK.  Nawal menyebutkan, hari ini merupakan hari yang bersejarah tidak hanya bagi TP PKK Sumut tetapi juga Provinsi Sumut pada umumnya.

"Karena ini merupakan pertama kalinya kita PKK Sumut memperolah juara umum, sekaligus baru pertama kalinya Sumut menjadi provinsi pertama di luar Jawa yang memenangkan gelar juara umum pada HKG PKK tingkat nasional," ujarnya, usai menerima penghargaan. (Red/Ril).
Komentar Anda

Terkini