Kelurahan Sukaramai Berdayakan Ekonomi Keluarga Lewat UP2K

Jumat, 19 Oktober 2018 / 15:30
Wakil ketua TP PKK kota Binjai Hj. Nany Timbas Tarigan meninjau hasil produk UP2K kelurahan Sukaramai Kecamatan Binjai Barat,


e-news.id

Binjai - Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dilaksanakan TP PKK di kelurahan Sukamarai kecamatan Binjai Barat, terbukti mampu meningkatkan perekonomian warganya. Berbagai potensi dibidang usaha dan produksi, baik berupa makanan maupun keterampilan dibina sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan produk bernilai jual tinggi dan menambah pendapatan keluarga, Jumat (19/10).

Sebagai ganjarannya, Kelurahan Sukaramai terpilih sebagai Kelurahan Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Kota Binjai Tahun 2018  dan mewakili kota Binjai pada lomba di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Kelurahan Sukaramai, Riyanti, di Binjai beberapa waktu lalu,   menjelaskan usaha pemberdayaan kelompok UP2K tingkat kelurahan dilakukan oleh kelompok khusus (poksus). Poksus membina kelompok pelaksana (poklak) yaitu kelompok peserta yang memiliki usaha atau yang mau berusaha perorangan atau kelompok dan bergabung dalam usaha bersama.

“Di kelurahan Sukaramai ada 4 poklak, masing masing menangani usaha bordir motif rambutan,  makanan, menjahit dan pembuatan tusuk sate,” jelas Riyanti yang juga ketua Poksus.

Dijelaskannya, Poklak 1 yaitu Kelompok Kube Adryan 1 usaha Bordir motif rambutan merupakan kelompok pelaksana unggulan karena mempunyai inovasi bordir motif rambutan. Rambutan merupakan salah satu ikon Kota Binjai sehingga dibuatlah inovasi border motif rambutan menjadi produk yang dihasilkan seperti kipas, jilbab, baju, sarung bantal kursi, tutup gelas, sarung air mineral, tempat tisu,  penutup dispenser, taplak meja.

“Produk yang dihasilkan sudah dipasarkan keluar  lingkungan kelompok dan sudah ada pemesanan dari luar kota,“ tambahnya.

Sedangkan poklak 2 yaitu Kube Adryan 2 dengan jenis usaha makanan telah memiliki izin dari Dinas Kesehatan dan Balai POM serta telah menerima Piagam Bintang Keamanan Pangan (Food Star Award) bintang satu dari Balai POM Medan. Poklak 1 dan Poklak 2 menurut klasifikasi pengelompokan UP2K sudah termasuk kelompok UP2K Madya.

Kemajuan UP2K  di kelurahan Sukaramai tidak lepas dari pembinaan oleh Ketua TP PKK Kota Binjai Hj. Lisa Andriani Idaham, OPD terkait khususnya dinas koperasi dan UKM, Camat Binjai Barat dan lurah. Adanya Kelompok UP2K PKK di Kelurahan Sukaramai diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil, serta pengembangan kehidupan berkoperasi. (Red).

Komentar Anda

Terkini