-->

Kelurahan Kebun Lada Masuk Nominasi PHBS Tingkat Nasional

Kamis, 29 Maret 2018 / 07:00
Ketua TP PKK Kota Binjai Hj Lisa Andriani Idaham, disela-sela acara PHBS Kelurahan Kebun Lada 


e-news.id

Binjai - Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara berhasil meraih juara satu tingkat Provinsi Sumatera Utara, dan pada akhirnya Kelurahan Kebun Lada masuk nominasi lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional.

"Kita sangat menyadari bahwa pembangunan kesehatan adalah bagian integral dari pembangunan, sehingga faktor kesehatan adalah salah satu penentu utama keberhasilan pembangunan, ucap Walikota Binjai, HM Idaham, saat menyambut kehadiran tim verifikasi lapangan/penilaian lomba terbaik tingkat Nasional PHBS di rumah tangga dalam rangka hari keluarga nasional XXV tahun 2018, di Jalan Flores, Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Selasa (27/3).

Walikota turut mengenalkan bahwa Binjai adalah kota yang sangat nyaman sebagai tempat hunian, masyarakat hidup berdampingan dan sangat kekeluargaan. Ia juga memohon petunjuk, bimbingan, serta arahan kepada tim verifikasi, agar hasil verifikasi dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Dikatakan Walikota, PHBS harus dimulai dari keluarga, membangun kebersamaan mengelola kehidupan masyarakat. 10 indikator PHBS agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga PHBS dapat melekat di diri masyarakat.

"Kami sudah berupaya semaksimal mungkin agar indikator PHBS dapat diimplementasikan dengan sebaik mungkin, disamping kekurangan yang ada, kami sangat mengharapkan masukan yang konstruktif demi keberhasilan implementasi PHBS di Kota Binjai. Kami tetap optimis Kelurahan Kebun Lada patut dipertimbangkan dan mampu menunjukkan daya saingnya di tingkat nasional,"  harap Walikota.

Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani M Idaham, mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim verifikasi lapangan lomba PHBS tingkat nasional. Kunjungan tim verifikasi merupakan kehormatan bagi kami, khususnya masyarakat Kelurahan Kebun Lada yang Alhamdulillah tahun ini mewakili Provinsi Sumatera Utara sebagai nominasi kelurahan terbaik pelaksana PHBS tingkat nasional tahun 2018.

"Semoga kegiatan ini menjadi pendorong semangat bagi Kelurahan Kebun Lada dan kelurahan lainnya untuk mendukung kegiatan PHBS dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat,"  ujar Lisa.

Lomba PHBS ini sebagai tolak ukur kebersamaan warga dalam membangun keluarga dan lingkungan, juga untuk menumbuh kembangkan sikap peduli dan peran aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kita mengharapkan apa yang sudah diraih warga Kelurahan Kebun Lada memberikan inspirasi bagi seluruh warga Kota Binjai untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,"  harap Lisa.

Tim verifikasi lapangan lomba PHBS tingkat Nasional, yang juga ketua pokja IV TP PKK Pusat, Rahmawati Amanulah, mengungkapkan, Kota Binjai masuk ke dalam 6 nominator PHBS tingkat nasional yang diikuti oleh Kota Bontang, Bandung, Jakarta Selatan, Solok dan Jambi. Dari ke enam nominator, Binjai merupakan kota pertama yang dikunjungi tim verifikasi.

"Rasa bangga dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh OPD yang telah menyambut kehadiran kami. Terpilih nya Kota Binjai tentunya tidak terlepas dari kinerja seluruh OPD, bagaimana pemberdayaan masyarakat di Kota Binjai terutama dalam ber PHBS,"  jelas Rahmawati.

Kami mengapresiasi inovasi seluruh kader PKK dalam menyampaikan pesan PHBS dengan melibatkan tokoh agama, dan masyarakat.

Verifikasi lapangan hari ini merupakan lanjutan dari verifikasi administrasi. Bagaimana pemberdayaan keluarga dalam menerapkan PHBS. Kami melihat bahwa edukasi PHBS di mulai dari anak-anak sekolah. Salah satu yang menjadi uggulan Binjai masuk nominasi secara berjenjang tampak dalam laporan, kelengkapan media penyuluhan.

"Binjai telah memenuhi persyaratan.
Kami hadir untuk melihat secara langsung kebenaran dari laporan secara tertulis dengan di lapangan, agar kami dapat secara objektif menentukan pemenang," pungkasnya. (RFS).

Komentar Anda

Terkini