-->

Jalan Rusak Parah, Masyarakat Kota Binjai: Selain berbahaya, Kami Juga Kenyang 'Makan' Debu.

Senin, 10 Juli 2017 / 19:18
Jalan yang mengalami kerusakan cukup parah, dan dapat menyebabkan berbagai masalah bagi masyarakat Kota Binjai



e-newsbinjai.com

Binjai - Rusaknya beberapa titik badan jalan yang terjadi di Kota Binjai, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Binjai, membuat masyarakat kian kecewa dengan kinerja Pemko Binjai dalam hal ini dinas yang terkait, dikarenakan sering terjadi kecelakan pada pengendara kendaraan bermotor, khususnya pengendara sepeda motor, Senin (10/7).

Selain sering menyebabkan kecelakaan, jalan yang rusak dan berlubang itu juga membuat warga sekitar mengeluh setelah para warga terkena penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa), dimana hal tersebut dikarenakan debu yang beterbangan setelah dihempas oleh kenderaan yang melintas, seperti penuturan dari beberapa orang warga di daerah tersebut.

Weni (38) salah satu warga sekitar menuturkan bahwa, kerusakan badan jalan yang berada tepat di depan rumahnya sudah sering menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor, hal itu dikarenakan jalan yang rusak parah dan berlubang.

"Dijalan ini, sudah sering orang kecelakaan bang, terutama pengendara sepeda motor, bahkan tadi malam barusan ada pengendara sepeda motor yang terjatuh di depan situ" ujar Weni, sembari menunjuk badan jalan yang memang sudah rusak dan berlubang.

Andra (29), salah satu warga lain yang juga bermukim disekitar jalan yang rusak tersebut menambahkan, bahwa keluarganya beserta warga sekitar, sudah ada yang terkena penyakit Ispa, disebabkan oleh debu yang beterbangan karena terhempas kenderaan yang melintas di jalan yang sudah mengalami kerusakan berkisar 2 tahun yang lalu itu.



"Abang kan bisa lihat, bahwa kerusakan badan jalan ini juga menyebabkan kami warga sekitar sini, ada yang terkena penyakit Ispa, disebabkan debu yang beterbangan karena terhempas oleh kenderaan yang melintas disini dan jika diibaratkan, kami sudah kenyang 'makan' debu, keluh Andra.

Ditempat berbeda, Kepala Dinas Pengerjaan Umum (PU) Kota Binjai Ir. Elvi Kristina Sri Ulina saat dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu, terkait kerusakan badan jalan di daerah tersebut, mengatakan.

"Benar, saat ini memang badan jalan yang dimaksud sudah mengalami kerusakan yang parah, dan kita akan usahakan perbaikannya pada bulan ini (Juli-red)," cetus Elvi.

Saat awak media ini mempertanyakan, mengapa badan jalan yang dimaksud, mengalami kerusakan hingga seperti saat ini, dan apakah kerusakan badan jalan tersebut dikarenakan pengerjaan pembangunan jalan yang tidak sesuai dengan semestinya, Elvi kembali menambahkan.

"Kerusakan badan jalan yang dimaksud, bukan karena pengerjaan yang tidak sesuai dengan semestinya, namun lebih karena kenderaan/angkutan yang melintas dijalan tersebut banyak yang muatannya melebihi batas ketentuan tonase atau over tonase, hal ini lah yang menyebabkan kerusakan badan jalan seperti saat ini" tambah Elvi.

Sesuai dengan pantauan awak media ini, tidak jauh dari badan jalan yang mengalami kerusakan parah itu, terdapat Pos milik Dinas Perhubungan Kota Binjai, dimana didalam pos tersebut, ada beberapa orang petugas Dishub Kota Binjai yang bertugas memantau dan menindak pengendara angkutan yang muatannya melebihi tonase yang telah ditentukan. (RFS)
Komentar Anda

Terkini