Lima Anak Jadi Korban Ledakan Pabrik Mancis, Ketua LPA Sumut Angkat Bicara

Sabtu, 22 Juni 2019 / 06:17
Ketua LPA Provinsi Sumatera Utara Muniruddin SH, MH 


e-news.id

Langkat - Terkait dengan peristiwa meledaknya pabrik pemantik api jenis mancis di Dusun IV Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Langkat, yang menelan korban jiwa sedikit 30 orang, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Sumatera Utara, Muniruddin SH. MH angkat bicara, Sabtu (22/6).

Munir manggatakan pihaknya mendukung penuh kinerja kepolisian untuk mengungkap serta menangkap dalang yang bertanggung jawab atas peristiwa tersebut, berhubung dari 30 orang korban terdapat 5 orang diantaranya masih berusia anak.

"Dari keseluruhan korban yang tewas akibat kejadian meledaknya pabrik mancis tersebut, saya selaku Ketua LPA Provinsi Sumatera Utara, mendukung penuh pihak kepolisian untuk mengungkapkan serta menangkap dalang yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut, terlebih dari peristiwa itu ada 5 orang anak yang ikut menjadi korban," ujar Munir.

Selain itu, Munir juga mengungkapkan, pihaknya siap berkoordinasi dengan kepolisian dalam penanganan perkara tersebut, dari sisi perlindungan anak sebagai korban dan jika diperlukan dirinya juga akan menyiapkan tim psikolog untuk pemulihan psiskis anak yang trauma pasca kejadian tersebut.

"Kita siap untuk koordinasi dengan pihak kepolisian, dan jika diperlukan kita juga siap untuk menghadirkan tim psikolog untuk menangani pemulihan psikis anak yang mengalami trauma akbiat peristiwa itu, misalnya anak yang ibunya turut menjadi korban kebakaran itu," ungkap Munir.



Lebih jauh Munir menambahkan, agar Pemerintah Daerah lebih ketat melakukan pengawasan atau pembinaan tempat usaha serta kepada masyarakat agar menjadikan ini pelajar, untuk dapat mengantisipasi kejadian serupa.

"Kepada pemerintah daerah harus lebih ketat lagi dalam melakukan tupoksi pengawasan dan pengawasan, juga kepada masyarakat agar menjadikan ini sebagai pelajaran, untuk mengantisipasi hal serupa jangan terjadi kembali," cetus Munir.

Disisi lain, Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait, mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas seluruh korban terkhusus anak.

"Saya, selaku Ketum Komnas PA, mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas terjadinya kebakaran di satu unit rumah yang dijadikan sebagai lokasi perakitan pemantik api jenis mancis di Dusun IV Desa Sambirejo, Langkat, semoga para korban ditempatkan di tempat yang terbaik disisi-Nya," unkap Arist.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto saat dikonfirmasi awak media pada Jumat 21 Juni 2019 kemarin, mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan  terkait peristiwa tersebut.

"Kita sudah lakukan olah TKP, dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa kebakaran ini," ujar Kapoldasu. (RFS).
Komentar Anda

Terkini