Pengurus LPA Audensi ke Dinas P3AM dan Dinsos Kota Binjai

Rabu, 09 Januari 2019 / 16:30
Para pengurus LPA Kota Binjai berfoto bersama dengan Kadis P3AM Kota Binjai 


e-news.id

Binjai - Pengurus Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Binjai melakukan audiensi ke Kantor Dinas Perlindungan Pemberdayaan Perempuan, Anak, dan Masyarakat (P3AM) Kota Binjai, serta Dinas Sosial (Dinsos) Kota Binjai, Rabu (9/1) pagi.

Kagiatan tersebut digelar sebagai upaya menjalin kerjasama kelembagaan, serta pengenalan keberadaan dan fungsi LPA, sebagai lembaga negara non institusi bersifat independen yang terfokus menangani segala persoalan menyangkut hak-hak anak.

Dalam kesempatan itu turut hadir, Ketua LPA Kota Binjai, Rahmad Fadli Sirait, Sekretaris, Rahimin Sembiring, Bendahara, Novi Dahlia, Wakil Ketua Bidang Pemantauan dan Kajian Perlindungan Anak, Siswanto Ihsan, Wakil Ketua Bidang Sosialisasi dan Promosi Hak Anak, Wardika Aryandi, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengkaderan, Feby Tenalean, serta WakIl Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak, Sri Intan Mayasari.

Kehadiran para pengurus LPA Kota Binjai pun mendapat sambutan hangat dari Kepala Dinas (Kadis) P3AM Kota Binjai Meidi Yusri dan Kadis Sosial Kota Binjai, T. Syarifuddin.

Ketua LPA Kota Binjai, Rahmad Fadli Sirait, mengatakan, audiensi tersebut dilakukan pihaknya sebagai bagian dari peningkatan koordinasi, serta sosialisasi tahap awal terkait peran dan keberadaan LPA kepada Pemerintah Kota Binjai maupun masyarakat.

Menurutnya, pertemuan itu merupakan langkah awal kerjasama penanganan masalah anak di Kota Binjai, terutama dalam  menjamin perlindungan dan pemenuhan hak anak, pendampingan hukum bagi anak, serta upaya menekan angka kekerasan, penelantaran, dan eksploitasi terhadap anak.

"Sebelumnya kami ucapkan terima kasih, karena kehadiran kami diterima dengan baik. Mudah-mudahan, keberadaan LPA di Kota Binjai memberikan perubahan penanganan masalah anak ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Kadis P3AM Kota Binjai, Meidi Yusri, menyambut baik pembentukan LPA di Kota Binjai. Sebab menurutnya, kehadiran kembaga terkait diharapkan mampu mendukung upaya Pemerintah mewujudkan Binjai sebagai kota layak anak.

Apalagi dia mengakui, penanganan masalah anak oleh Dinas P3AM Kota Binjai belum terlaksana secara maksimal akibat keterbatasan sumber daya manusia, maupun sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

"Besar harapan saya, kita senantiasa bersanding, bukannya bertanding," ujar Meidi, sembari berharap pihaknya dan LPA Kota Binjai mampu bekerjasama maksimal dalam mensosialisasikan Undang-Undang Perlindungan Anak terhadap masyarakat Kota Binjai.

Pengurus LPA Kota Binjai berfoto bersama dengan Kadis Sosial Kota Binjai 


Sebelumnya, Kabid P3A Dinas P3AM Kota Binjai, Yuliana Tarigan, mengaku, sejauh ini pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan, semisal sosialisasi undang-undang dan penyuluhan perlindungan anak, pendampingan hukum bagi anak, serta beberapa hal terkait lainnya.

Selain itu, sambung Yuliana. Dinas P3AM Kota Binjai sendiri saat ini telah pula memiliki Rumah Aman Anak, sebagai fasilitas pendukung penanganan anak korban kekerasan dan eksploitasi, serta jaringan pengawas permasalahan anak hingga ke tingkat lingkungan.

"Untuk ke depannya kita berencana menambah sejumlah fasilitas pendukung tambahan, termasuk pula membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) di masing-masing kecamatan," tandasnya.

Di sisi lain, Kadis Sosial Kota Binjai, T. Syarifuddin juga manyambut baik kehadiran para pengurus LPA Kota Binjai dan siap bekerja sama demi pemenuhan hak anak terutama yang berkaitan dengan permasalahan hukum.

"Di sini kita sangat kekurangan tenaga profesional terkait masalah anak, apalagi yang berkaitan dengan masalah hukum, kita cuma ada satu orang pekerja sosial dari kementerian, dengan adanya LPA Kota Binjai, pastinya kita akan sangat terbantu dan kita bekerja sama dengan baik demi kepentingan anak," ungkapnya. (RFS).
Komentar Anda

Terkini