-->


Cepat Tanggap, BPBD Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Jumat, 27 April 2018 / 00:00
Personil BPBD Kota Binjai saat melakukan simulasi penanganan bencana 


e-news.id

Binjai -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai menggelar simulasi penanganan musibah kebakaran gedung bertingkat, berlangsung di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Kamis (26/4) pagi.

Kegiatan diikuti puluhan personel dan relawan gabungan dari BPBD Kota Binjai, Tagana Dinas Sosial Kota Binjai, PMI Cabang Kota Binjai, FKDM Kesbanglinmas Kota Binjai, Senkom Mitra Polri, dan Pramuka.

Dalam simulasi dipraktikan sejumlah teknik pemadaman api, serta metode penyelamatan korban, mulai dari proses evakuasi dari dalam gedung hingga penanganan medis sementara sebelum dibawa menuju rumah sakit.

Simulasi  turut disaksikan  Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Binjai, yang juga Kepala BPBD Kota Binjai, M Mahfullah Pratama Daulay, didampingi Kepala Pelaksana BPBD, Ahmad Yani, Kepala Kantor Kesbanglinmas, Nasrullah Effendi, dan Kapolsek Binjai Selatan, Kompol Adam Malik Lubis. Mahfullah mengatakan, simulasi sebagai bagian dari metode latihan terpadu bagi Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Daerah Kota Binjai.

"Kebetulan, kegiatan yang kita gelar hari ini dilakukan dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Dijelaskannya, simulasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel terkait penanganan dan teknik penyelamatan korban kebakaran di gedung bertingkat.

"Momentum seperti ini sangat penting, terutama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang menempati rusunawa, agar lebih memiliki kesiagsiagaan dalam menghadapi kebakaran," terang Mahfullah.

Dia juga berharap setiap pengelola rumah susun dan gedung perkantoran bertingkat, turut menyediakan perlengkapan pengaman dan sarana pemadam api.

"Terima kasih kepada semua seluruh personel, relawan, penghuni rusunawa, dan pihak-pihak yang telah membantu dan turut terlibat dalam pelaksanaan simulasi ini. Salam kompak, salam tangguh, dan siap untuk selamat," seru Mahfullah. (RFS)



Komentar Anda

Terkini