-->

Walikota Yakin Kuliner Khas Binjai Akan Mendunia

Sabtu, 24 Maret 2018 / 05:00
Walikota Binjai H.M Idaham SH.Msi saat berfoto bersama dengan Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) 


e-news.id

Binjai - Walikota Binjai HM Idaham SH Msi menerima audiensi chef yang  tergabung dalam Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Sumut  dipimpin ketuanya Randy Sanjaya,  di Balaikota jalan Jenderal sudirman Binjai, Selasa (23/3). Dalam kesempatan itu  Idaham memberikan tantangan kepada para chef untuk mengangkat kuliner lokal Binjai agar semakin dikenal ditingkat nasional, bahkan internasional.

“Imej orang bahwa chef adalah tukang masak di hotel dan resto dengan menu masakan western. Ada makanan Binjai yang lezat dan sehat, ayo kita tampilkan,” kata Idaham.

Idaham mengungkapkan saat ini kuliner  telah menjadi industri yang sangat berkembang dan menopang perekonomian negara. Ia mencontohkan Thailand yang telah berhasil memperkenalkan kulinernya ke level internasional. Di sejumlah negara, restoran Thailand mudah ditemukan dan ramai dikunjungi konsumen.

“Saya lihat di Amerika dan Australia, konsumen yang mencari makanan halal akan mencari makanan Thailand,“ kata Idaham.

Idaham juga mengatakan tahun ini,  Pemko Binjai melalui dinas pariwisata telah memprogramkan untuk membuat  foodtruck yang menyediakan kuliner lokal.

Idaham menyebut nama kuliner khas Binjai yang cukup terkenal hingga keluar daerah, seperti taukua heci, tahu balik dan ifumi siram. Banyak warga luar daerah datang ke Binjai untuk menikmati kuliner tersebut. Untuk diketahui, taukua heci adalah hidangan yang terdiri dari  tahu dan sayuran yang diberi tambahan daging kepiting atau cumi-cumi, lalu disiram saus diatasnya. (RFS).
Komentar Anda

Terkini