-->

Binjai Masuk Nominasi Kota Cerdas ASEAN

Kamis, 15 Februari 2018 / 09:00
Walikota HM Idaham,  Riya Irawati, dan Sekda M Mahfullah P Daulay,  berfoto bersama sambil menunjukkan  Kartu Binjai


e-news.id

Binjai - Kementerian Dalam Negeri  RI  mengusulkan Kota Binjai masuk dalam Nominasi Kota   Calon Anggota Jaringan Kota Cerdas ASEAN  atau ASEAN Smart Cities Network  (ASCN). Kemendagri telah menyampaikan usulan tersebut kepada  Sekretaris Ditjen kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI dan akan diputuskan pada pertemuan di Singapura pada Juni mendatang.

Terkait  hal tersebut,  Walikota  Binjai HM Idaham SH MSi  menerima  kunjungan Siti Hadijah Koedoeboen  dan Riya Irawati dari Subdit Adm Kawasan Perkotaan Ditjen Bina Adwil Depdagri, Rabu (14/2)  di rumah dinas Walikota di jalan Veteran Binjai.

Menurut Siti Hadijah pengusulan kota  Binjai masuk sebagai calon anggota ASCN mempertimbangkan  beberapa indikator smart cities  yang telah disusun oleh Ditjen Teknis Kemendagri bersama dengan Center for Digital Society, yaitu ada enam kriteria  dimensi kota pintar  yang meliputi  smart economi, smart people, smart government, smart mobility, smart  environment dan smart living.

Salah satu keunggulan kota Binjai, menurut Siti Hadijah, adalah  di bidang eGovernment,  ditandai dengan tingginya komitmen  kepada daerah untuk menerapkan smart city dengan bertumpu pada kemampuan daerah, tidak tergantung kepada pemerintah pusat.

Sebagai tindak lanjut usulan ini, menurut Siti Hadijah, akan dilaksanakan pertemuan di Singapura pada bulan Juni nanti.

“Dalam pertemuan ini masing-masing kepala Daerah  akan mempresentasikan bagaimana penerapan  smart city di daerahnya,“ kata Siti Hadijah.

Walikota  HM Idaham menyampaikan terimakasih dan sangat mengapresiasi masuknya Binjai  dalam usulan nominasi Jaringan Kota Cerdas ASEAN. Saat  ini kota Binjai ada pada peringkat  dua kota  cerdas   kategori kota sedang berdasarkan Rating  Kota Cerdas Indonesia (RKCI).

“Kita patut bangga karena sekarang  kita akan disejajarkan dengan kota-kota ASEAN,” kata HM Idaham.

Untuk diketahui ASCN merupakan usulan Singapura dalam rangka mengembangkan kota-kota cerdas ASEAN yang akan memanfaatkan teknologi untuk memperbaiki penghidupan masyarakat.
Komentar Anda

Terkini