Wujudkan Kota Cerdas, Pemko Binjai dan STMIK Kaputama Gelar Seminar

Kamis, 18 Januari 2018 / 18:51
Perwakilan Pemko Binjai bersama pihak STIMIK Kaputama saat menggelar seminar


e-news.id

Binjai - Binjai kota cerdas bermakna bahwa pembangunan Kota Binjai dalam lima tahun kedepan akan dibangun dalam totalitas perwujudan kota cerdas yang meliputi, pemerintahan  cerdas, sumber daya manusia cerdas, infrastruktur pendukung mobilitas masyarakat yang produktif, perekonomian tinggi dengan dukungan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.

"Seminar yang kita laksanakan ini merupakan upaya untuk mempersatukan persepsi kita bersama mengenai perwujudan kota cerdas, tentunya yang sejalan dengan visi misi Binjai yakni, terwujudnya kota cerdas yang layak huni, berdaya saing, dan berwawasan lingkungan menuju Binjai yang sejahtera," tegas Walikota Binjai, HM Idaham, yang diwakilkan oleh Asisten I, Otto Harianto, saat membuka seminar Sinergi Perguruan Tinggi dengan Pemko Binjai dalam mewujudkan Binjai Kota Cerdas, di STMIK Kaputama, Kamis (18/1) sore.

Sinergitas antara perguruan tinggi dengan Pemko Binjai diharapkan mampu meningkatkan pembangunan di kota ini, termasuk dalam mewujudkan Binjai sebagai kota cerdas. Peningkatan SDM termasuk didalamnya penguasaan di bidang teknologi informasi merupakan hal yang mutlak.

Mengingat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini menjadi kebutuhan mendasar bagi pertumbuhan ekonomi, pencapaian kesejahteraan. Maka sudah menjadi kewajiban kita semua tanpa terkecuali baik pemerintah maupun dari pihak perguruan tinggi, terlebih STMIK Kaputama yang hadir sebagai sekolah tinggi yang konsen di bidang teknologi informasi di Kota Binjai.

Kepada wartawan, Ketua Yayasan STMIK Kaputama Binjai, Drs Irwanto Tampubolon menegaskan bahwa, STMIK Kaputama sangat mendukung program Pemko Binjai menuju kota cerdas, tahapan menuju kota cerdas memang harus melalui transformasi.

"Artinya perubahan yang berangsur-angsur untuk mencapai satu target. Itu yang menjadi harapan kita dari kota cerdas, dan tentunya dalam pelaksanaannya harus ada kerjasama antara perguruan tinggi dengan Pemko Binjai,"  ungkap ketua yayasan STMIK Kaputama.

Diungkapkannya, hasil dari pertemuan dengan Walikota Binjai beberapa waktu lalu, Walikota mendukung kerjasama antara perguruan tinggi dengan Pemko Binjai, dengan harapan semuanya dikerjakan dengan sistem online.

"Kita harus bangga dengan segala pencapaian yang telah diperoleh Kota Binjai, tentunya tidak terlepas dari kerja keras Bapak Walikota beserta jajarannya," ucap Irwanto.

Seminar diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswa dari STMIK Kaputama Binjai, dan perwakilan dari mahasiswa lain yang ada di Binjai, adapun narasumber yaitu, Dr Ardian Ulvan M Sc, staf ahli bidang ICT Direktorat Jenderal SDM Ristekdikti, dan Heru Pranoto ST M Sc, yang merupakam team leader Binjai Smart City. (RFS).
Komentar Anda

Terkini