-->

Empat Rumah Ludes Dilahap Api, Diduga ini Penyebabnya

Minggu, 15 September 2019 / 22:36
Regu Damkar saat berusaha memadamkan kobaran api yang melahap rumah warga
e-news.id

Binjai - Empat unit bangunan rumah semi permanen milik warga yang terletak di Jalan H. Agus Salim, Kelurahan Jati Negara, Kecamatan Binjai Utara, Binjai, ludes di lahap si jago merah pada Minggu (15/9) sekira pukul11:15 WIB.

Berdasarkan informasi yang dirilis pihak Pusat Pengedalian Oprasi (Pusdalops) BPBD Kota Binjai, api pertama kali terlihat membakar rumah salah satu warga sekaligus korban bernama Ibu Nian, yang selanjutnya merambat ke 3 rumah lain yang berdekatan dengannya.

Masih dalam laporan kebencanaan yang dirilis Pusdalops BPBD Kota Binjai tersebut, diduga kebakaran disebabkan oleh adanya korsleting atau arus pendek listrik di rumah milik Ibu Nian, dari sana, warga pun berusaha untuk memadamkan api sembari menghubungi regu Pemadam Kebakaran (Damkar).

Setelah mendapat laporan kebencanaan dari warga melalui Call Center tentang adanya peristiwa kebakaran di lokasi tersebut, BPBD Kota Binjai, langsung menerjunkan 6 unit mobil pemadam kebakaran, dan dalam kurun waktu kurang dari 10 menit setelah tiba di tempat kejadian, regu Damkar berhasil menguasai api.

Warga yang panik melihat kobaran api melahap rumah miliknya


Lebih lanjut, data yang dirilis pihak Pusdalops BPBD Kota Binjai, terdapat 7 Kepala Keluarga (KK) yang mendiami rumah tersebut, diantaranya, Alm Bapak Azriadi SH (58), Bapak Ade Candra sikumbang (60), Ibu Kartini (57) Ibu Nian (56), Bapak Indra Hartawan (30), Ibu Indah (25) Bapak Sau (55).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun dalam kejadian ini diperkirakan kerugian materil yang dialami para korban ditaksir mencapai 500 juta rupiah lebih.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Binjai, Ahmad Yani S.STP, saat dikonfirmasi awak media ini membenarkan peristiwa tersebut dan menghimbau masyarakat agar lebih waspada dalam setiap kemungkinan kebencanaan.

"Benar, telah terjadi kebakaran 4 unit rumah semi permanen di lokasi yang dimaksud, dan setelah kita menerima laporan dari warga kita langsung terjunkan regu pemadam, di sini saya juga sekaligus ingin menghimbau kepada warga khususnya di wilayah Kota Binjai, agar lebih waspada dalam setiap kemungkinan kebencanaan," ujar Ahmad Yani.

Selian itu, Ahmad Yani juga turut menambahkan, apabila terjadi peristiwa kebencanaan seperti kebakaran, orang hanyut, banjir dan lain sebagainya, masyarakat dapat menghubungi pihak BPBD Kota Binjai dan akan dipastikan pihaknya tetap memberikan pertolongan ataupun bantuan yang diperlukan.

"Kalau ada peristiwa kebencanaan, silahkan hubungi kami di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 113 Kecamatan Binjai Timur, Binjai, atau yang paling cepat responnya bisa juga melalui telepon kantor kita yaitu (061) 882 1935, dan melalui media sosial kita yaitu Instagram, pusdalops_bpbdbinjai, dan Email bdbdkotabinjai76@gmail.com serta akun Facebook - BPBD Binjai," tambahnya (RFS).
Komentar Anda

Terkini